Menu

Pemprov Jamin Stok Daging Aman hingga Lebaran

Ilustrasi

MetroAsahan.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjamin stok daging cukup aman hingga Idul Fitri karena hingga Mei ada sebanyak 18.296 ton.

“Stok aman karena kebutuhan per bulan sekitar 2.045 ton.” kata Gubernur Sumut HT Erry Nuradi di Medan, Senin (8/5). Menurut dia, stok akan semakin aman karena Bulog berencana mengalokasikan 5 ton daging beku untuk kebutuhan di Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Gubernur menegaskan sesuai rapat koordinasi dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, pekan lalu, pemerintah akan memberi sanksi tegas kepada pihak-pihak yang melakukan aksi spekulasi menjelang Ramadhan.

Pemprov Sumut sendiri melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah terus memantau produksi, ketersediaan, dan peredaran barang kebutuhan pokok guna mengantisipasi lonjakan harga barang menjelang dan di saat Ramadhan serta mendekati Idul Fitri.

Dengan langkah itu diharapkan harga daging sapi tidak melonjak tajam dari harga normal di pasar saat ini sebesar Rp110.000 per kilogram.

Kepala Bulog Divre 1 Sumut Imran Rasydy Abdullah mengatakan Bulog merencanakan memasok 5 ton daging beku untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri di Sumut. Daging beku seharga Rp80.000 per kg itu akan digelontorkan ke pasar.“Sebenarnya pasokan bisa lebih banyak lagi, tetapi karena ketersediaan daging di Sumut cukup memadai maka jumlahnya dikurangi dan siap ditambah kalau nyatanya dibutuhkan,” katanya. (int)

loading...