Menu

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Naik Rp4 Ribu Per Kg  

Ilustrasi

MetroAsahan.com, KISARAN –  Menjelang Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi, membuat harga beberapa sembako dan sayuran di pajak tradisional H Misbah, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan mengalami kenaikan Rp4 ribu per kilogramnya (kg). Seperti halnya cabai merah, jika seminggu lalu harganya Rp20 ribu per kg, saat ini, Senin (15/5) harganya Rp24 ribu per kg.

Pantauan wartawan di beberapa pasar tradisional di Asahan seperti pasar H Misbah, Pajak Kartini dan Diponegoro harga cabai rawit dari Rp12 ribu menjadi Rp16 ribu. Sedangkan cabai hijau terpaku diharga Rp12 ribu per kg.

Sementara itu harga bawang merah seminggu yang lalu dikisaran Rp28 ribu kini turun menjadi Rp24 ribu, sementara kentang dari Rp13 ribu jadi Rp12 ribu. Ttetapi tomat dari Rp68 ribu kini jadi Rp8 ribu.

J Sihombing (38) warga Sidorejo I, Kecamatan Kisaran Timur kepada koran ini mengatakan, memang beberapa minggu ini harga sayuran fluktasi kadang naik kadang turun, tidak menentu.

Dikatakannya lagi, daya beli masyarakat pun tidak begitu kuat, mungkin dikarenakan banyak keperluan seperti anak-anak sekolah lebih diutamakan, sehingga daya beli menjadi sepi. Padahal harga-harga sayuran banyak yang turun dan kalaupun naik hanya sedikit.

Sementara itu salah seorang pengusaha katringan Sofia (47) warga Kisaran Barat mengatakan, ia sedikit lega belakangan ini harga sayuran-sayuran turun dan kalaupun naik hanya sedikit. Sehingga kita dapat mengubah menu makanan bisa bemacam-macam rasa pedasnya,” ujarnya. (Mar/syaf/ma)