Menu

Pastikan Stok Daging Aman Jelang Ramadan

Ilustrasi

MetroAsahan.com – Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian, I Ketut Darmita memastikan stok daging sapi aman menjelang Ramadan.

Hal itu dia sampaikan di Hotel Mercure, Serpong dalam pertemuan dengan tim satgas pangan membahas ketersediaan daging jelang Ramadan, yang dihadiri Ketua Satgas Pangan Polri, Setyo Wasisto, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Dirjen Dagri Kemendag Tjahja Widayanti dan Dirjen Daglu Kemendag Oke Nurwan. “Saat ini ada 157 ribu ekor sapi bakalan siap potong atau setara 31.000 ton, di Importir ada sekitar 11.000 ton dan Bulog ada sekitar 41.000 ton daging kerbau, dengan demikian saya pastikan stok daging untuk memenuhi kebutuhan masyarakat aman jelang Ramadan,” ujar Darmita.

Dari hasil pantauan di lapangan, harga sapi hidup di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) 41.000/kg atau setara 96.000/kg daging sapi yang kemudian dijual ke pedagang sebesar 100.000/kg, dari pedagang ke konsumen, daging sapi segar dijual seharga 110.000/kg.

Selain itu disinyalir terdapat penurunan tingkat konsumsi masyarakat akan daging, indikasinya adalah pemotongan sapi yang biasanya 30-50 ekor perhari, saat ini hanya 15-20 ekor.

”Penurunan tingkat konsumsi disebabkan adanya pasokan daging beku kerbau (beke) ketingkat pasar rakyat serta daya beli masyarakat yang turun,” kata dia.

Tim satgas pangan dalam pertemuan tersebut juga menekankan akan ada tindakan hukum yang tegas, bila ditemukan upaya menghambat distribusi yang berdampak pada melonjaknya harga pangan. (jpg)

loading...