Menu

Ekspor Kopi Sumut Naik 11,24 Persen

Ilustrasi

MetroAsahan.com – Nilai ekspor kopi, rempah dan teh Sumut tahun 2017 hingga Mei naik 11,24 persen dipicu naiknya permintaan dari beberapa negara importir.

“Januari- Mei 2017, nilai ekspor kopi, rempah dan teh Sumut mencapai 192,87 juta dolar AS dari periode sama 2016 yang senilai 173,38 juta dolar AS,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi, Rabu (19/7).

Tiga jenis komoditas itu di ekspor Sumut antara lain ke Jepang, Amerika Serikat, Jerman dan Inggris. Paling besar, ekspor golongan barang itu adalah ke Amerika Serikat dan Jerman.

Menurut dia, tiap tahun memang ada peningkatan ekspor walau berfluktuasi khususnya pada komoditas teh dan kopi. Devisa dari teh dan kopi sempat turun karena harga jual yang melemah.

Humas PT.Perkebunan Nusantara IV, Syahrul Siregar menyebutkan, perusahaan BUMN itu tetap mempertahankan tanaman tehnya meski harga jual kerap berfluktuasi dengan kecenderungan melemah.

Bahkan, kata Syahrul, PTPN IV terus berupaya.meningkatkan kualitas produksi dengan antara lain melakukan perawatan maksimal dan panen secara baik dan benar.(ant/int)

loading...