Menu

Presiden Afghanistan Sebut ISIS Serang Islam

Ashraf Ghani

KABUL – Serangan bom bunuh diri di Pusat Kebudayaan Muslim Syiah membuat Presiden Afghanistan Ashraf Ghani geram. Dia muak akan aksi biadab ISIS dan kelompok militan lain yang terus membunuhi rakyatnya.

“Teroris telah menyerang masjid-masjid kita, tempat-tempat suci kita, dan kini pusat kebudayaan kita,” kata Ghani, Kamis (28/12). Dia berjanji membasmi ISIS agar serangan serupa tidak terulang. ”Ini adalah serangan terhadap Islam dan nilai-nilai kemanusiaan,” tambahnya.

Wakil Menteri Kesehatan Afghanistan Feda Mohammad Paikun mengungkapkan, jenazah korban telah dibawa ke Istiqlal Hospital. Rumah sakit itu dipenuhi korban luka maupun tewas.

Mereka memanggil lebih dari 50 dokter dan perawat dari rumah sakit lain untuk membantu para korban. Penduduk juga berdatangan ke RS baik itu untuk mencari keluarganya yang menjadi korban maupun menyumbangkan darah.

“Setelah ledakan, ada tembakan dan asap dari dalam gedung. Semua orang meminta pertolongan,” ujar Mohammad Hasan Razayee, salah seorang mahasiswa yang termasuk korban luka. Sebagian wajahnya terbakar. (jpg/int)