Menu

Kakak Beradik Ini Bahu-membahu di Gerakan Hutan Itu Indonesia

Leony Aurora (kiri) dan Riry Silalahi, kakak beradik motor gerakan Hutan Itu Indonesia. Mereka terus menggalang dukungan untuk pelestarian hutan.
Miftakhul Hayat/JPG
Leony Aurora (kiri) dan Riry Silalahi, kakak beradik motor gerakan Hutan Itu Indonesia. Mereka terus menggalang dukungan untuk pelestarian hutan.

Konser Musika Foresta di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam (13/5) mengusung misi pelestarian hutan. Acara tersebut diinisiatori komunitas Hutan Itu Indonesia, gerakan terbuka yang berupaya mendekatkan masyarakat urban dengan hutan.

Sekitar tiga pekan menjelang peringatan Hari Bumi Sedunia, 22 April tahun lalu (2016), muncul gagasan untuk membentuk kolaborasi terbuka yang bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap hutan Indonesia. Terutama di kalangan generasi muda dan masyarakat kota.Latar belakang mereka tidak melulu dari aktivis lingkungan. Ada pula n
musisi, profesional di bidang komunikasi dan audio-visual, serta beragam profesi lain. Total ada 13 anggota inti.

”Kami ini sekumpulan anak muda yang gemas terhadap kondisi hutan kita,” kata Leony Aurora, ketua umum Hutan Itu Indonesia, yang ditemui Jawa Pos di sela-sela konser di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (13/5).

Ada sebuah studi tentang penduduk urban yang menunjukkan kesalahan persepsi bahwa hutan itu hanya berisi pohon. ”Hutan masih dilihat dengan agak sempit,” ujarnya.

Padahal, di dalam hutan Indonesia terkandung keanekaragaman hayati yang begitu banyak. Di antaranya, 12 persen spesies mamalia dunia; 7,3 persen spesies reptil dan amfibi; serta 17 persen spesies burung dari seluruh dunia.
”Istilahnya, biodiversity hotspot hutan Indonesia padat banget,” ucap alumnus S-2 environment and development di Cambridge University, Inggris, itu.

Setiap kali pohon-pohon di hutan itu ditebangi, biodiversitas di dalamnya ikut lenyap. Ketika akan ditanam pohon baru, biodiversitasnya sulit bisa kembali. Padahal, hutan memiliki banyak fungsi penting. Misalnya, penahan erosi, pengatur tata air, dan penyeimbang iklim.