Menu

JR Saragih Bantu Pembangunan Perpustakaan di Kutambaru

Tonggo Sibarani/Metro Siantar
JR Saragih menghadiri peresmian Perpustakaan Desa dan Sarana Bermain Anak di Desa Kutambaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo

MetroAsahan.com, KUTAMBARU – Bupati Simalungun JR Saragih menghadiri peresmian Perpustakaan Desa dan Sarana Bermain Anak di Desa Kutambaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo. Dirinya bukan hanya menghadiri melainkan juga memberikan bantuan guna membangun perpustakaan tersebut.

Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan bahwa Desa Kutambaru membuat terobosan baru guna membangun kepintaran buat generasi muda apalagi di jaman sekarang ini minat baca sudah tidak ada dalam diri generasi muda.

“Kehadiran perpustakaan ini bisa menambah pengetahuan buat generasi muda dan buat orangtua marilah bergerak hatinya guna senantiasa membimbing anak-anak untuk tergerak untuk membaca,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih, Jumat (13/10/2017).

Kehadiran perpustakaan tentu bisa menyelamatkan generasi muda, karena dengan adanya perpustakaan ini maka Pemerintahan Kabupaten Simalungun berharap agar banyak generasi muda lahir dengan memiliki bakat dan talenta guna menjadi orang yang berguna buat bangsa dan negara.

JR Saragih menyadari bahwa perpustakaan ini masih jauh dari harapan, tetapi pihaknya yakin bahwa perpustakaan ini bisa membawa keyakinan generasi muda untuk selalu mementingkan pengetahuan demi meraih cita-cita.

“Dengan melihat perpustakaan ini maka kami memberikan bantuan untuk mempercantik serta memperindah perpustakaan. Apalagi perpustakaan ini juga bisa digunakan oleh SMP Anjangsana tempat saya menimba ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana beserta jajarannya yang senantiasa memperhatikan masyarakat Kutambaru. Bahkan, dirinya berharap agar perpustakaan ini bisa dibuka selama 24 jam.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengutarakan ide dari Kepala Desa Kutambaru yang berkeinginan membangun tempat belajar, karena belajar bisa dijaga sampai tua dan bisa menjadi renungkan untuk menjaga harga pembelajaran.

“Sekarang sudah ada perpustakaan di desa ini maka melalui langkah tersebut bisa membuat anak-anak meraih cita-cita, apalagi di sini ada anak yang lahir dari Kutambaru seperti Bapak JR yang menjadi putera terbaik dari Kutambaru, saya yakin Bapak JR Saragih asli Kutambaru untuk terus memantau berupa buku agar semua membangun perpustakaan,” tuturnya.

Selain itu, Terkelin Brahmana berpendapat bahwa Desa Kutambaru bisa menjadi contoh buat wilayah lainnya yang ada di Tanah Karo yang senantiasa memperhatikan keinginan generasi muda yang mau memperkaya pengetahuan umum melalui perpustakaan.

“Dengan adanya hal ini maka saya akan memberikan anggaran melalui Anggaran Dana Desa untuk membangun perpustakaan seperti di Kutambaru,” paparnya.

Terakhir, Kepala Desa Kutambaru Benyamin Sembiring merasa kehadiran perpustakaan ini tentu bisa selamatkan generasi muda dan membawa nama baik Desa Kutambaru menjadi contoh buat banyak orang sehingga minat baca akan semakin bertambah.

“Kami yakin bahwa perpustakaan ini bisa membawa keyakinan generasi muda untuk selalu mementingkan pengetahuan demi meraih cita-cita. Semua buku-buku yang ada di sini merupakan sumbangan dari warga setempat,” tukasnya. (osi/ms/ma)