Menu

Perhatikan Penanganan Gizi Buruk

Ilustrasi

MetroAsahan.com, KISARAN – Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Asahan terus bergerak melalui program kreatif, inovatif ke arah yang lebih positif melalui program kelompok dasa wisma. Hal itu terwujud dalam rapat kerja teknis TP PKK Asahan di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Kamis (18/5). Ketua PKK Kabupaten Asahan berpesan agar setiap ketua PKK Kecamatan memperhatikan penanganan gizi buruk di daerah masing-masing.

Rakor tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang beserta pengurus se Kecamatan, pembina TP PKK Kabupaten Asahan yakni, Taufik ZA (Asisten I), Khaidir Aprin Sitorus (Asisten III),  Paijan SH (Plt Kepala Dinas Pemerintah Desa), dan narasumber yang terdiri dari Jaya Prana (Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan), Darwin Idris Lubis (Kepala Dinas Perizinan), dan Ir Anelia Trisna (Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan).

Dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kecamatan yang telah rutin mengirimkan laporan kegiatan di setiap Kecamatan. Beliau berpesan agar setiap ketua dan pengurus TP PKK kecamatan lebih memperhatikan tentang penanganan gizi buruk yang ada di kecamatan masing-masing, karena hal ini merupakan salah satu program PKK pada bidang Kesehatan.

Ia juga menyampaikan kepada Ketua PKK Kecamatan agar menginformasikan kepada Ibu Ketua PKK di Desa untuk menghunjuk langsung istri dari Kepala Dusun menjadi Ketua Kelompok Dasa Wisma. Hal itu diharapkan agar dusun dapat bergerak lebih aktif dalam mensukseskan program pokok PKK yang bertujuan untuk membantu mensejahterakan kehidupan masyarakat.

“Kelompok dasa wisma banyak sekali manfaatnya, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dasa wisma ini merupakan unit terkecil dari PKK,” kata Winda.

Diungkapkannya, dasa wisma sendiri adalah kelompok yang terdiri dari 10 -20 Kepala keluarga didalam satu dusun, yang diketuai oleh istri kadus langsung. Adapun kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga.

Ditambahkannya, kelompok dasa wisma ini dibentuk di lingkungan tempat tinggal penduduk didalam satu wilayah desa.  Sedang pembentukan dan pengangkatan pengurusnya ditetapkan dengan SK Ketua TP. PKK Desa/ Kelurahan setempat.
“Dasa wisma merupakan ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitranya,” pungkasnya.

Nantinya, dengan adanya kelompok dasa wisma dapat membantu pemerintah dalam pendataan keluarga diantaranya pendataan jumlah ibu hamil, jumlah bayi yang baru lahir maupun balita dan anak-anak yang menderita kekurangan gizi, serta upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya, selain hal tersebut masih banyak lagi manfaat yang dapat dipetik dengan keberadaan dari dasa wisma tersebut.

Sementara itu, Bupati Asahan dalam pidatonya yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Asahan mengatakan bahwa gerakan PKK merupakan salah satu upaya memandirikan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera.

PKK Kabupaten Asahan adalah mitra kerja dari Pemerintah Kabupaten Asahan yang mengemban Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri. (Per/syaf/ma)