Menu

Wakil Bupati Asahan Tutup PSBD Asahan III

MARIADI/METRO ASAHAN
Wakil Bupati Asahan H Surya BSc mewakili Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP saat memberikan piala kepada salah seorang pemenang dalam PSBD ke- III.

MetroAsahan.com, KISARAN – Wakil Bupati Asahan H Surya BSc menutup kegiatan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) ke III tahun 2017, Selasa (8/8). Acara penutupan di hibur dengan berbagai kegiatan seni yang di tampilkan 14 etnis yakni Sunda, Tabagsel, Nias, Batak Toba, Simalungun, India, Aceh, Minang, Tionghoa, Banjar, Jawa, Pakpak, Melayu dan Karo.

Ketua panitia PSBD Drs H M Sofyan Yoga MAP didampingi para ketua etnis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat didukung 14 etnis dan masyarakat lainnya. Ini dapat kita lihat dari antusiasnya masyarakat yang datang untuk menyaksikan berbagai kegiatan yang ditampilkan ke 14 etnis tersebut selama 15 hari. Semoga semangat persatuan dan kesatuan serta kekompakan ini dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Asahan,” ungkap Yoga.

Wakil Bupati Asahan H Surya BSc sebelum membacakan pidato tertulis Bupati Asahan terlebih dahulu menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang, yakni penampilan stand : terbaik I (etnis Banjar), terbaik II (etnis Melayu), terbaik III (etnis Simalungun) dan terbaik IV (etnis Sunda).

Dekorasi stand :  terbaik I (etnis Jawa), terbaik II (etnis Tabasel), terbaik III (etnis Sunda) dan terbaik IV (etnis Aceh). Penampilan seni budaya : terbaik I (etnis Minang), terbaik II (etnis Nias), terbaik III (etnis Pakpak) dan terbaik IV (etnis Karo). Penampilan terheboh I (etnis Tionghua), terheboh II (etnis Batak Toba), terheboh III (etnis India), dan terheboh IV (etnis Minang).

Tari Gubang terbaik I (TIA Production dari Kisaran), terbaik II (SMP N 2 Kisaran) dan terbaik III (SMP N I Kisaran). Tari Kreasi : terbaik I (AHA Dencer Kisaran), terbaik II (MTS Meranti Rawang Panca Arga) dan terbaik III (MAN Kisaran). Kombur Asahan : terbaik I (M Akmal MTD Aliyah Aljamiatul Washliyah Binjai Serbangan Air Joman), terbaik II (Bagus Salim MTP Aliyah Pasar Lembu Air Joman) dan terbaik III (Sopian Ardi dari Kisaran).

Senandung Asahan : terbaik I (Dewi Mawardhani SMA N 2 Kisaran), terbaik II (Kharimuddin Siregar dari Setia Janji), terbaik III (Taing Mariana Kecamatan Kota Kisaran Timur). Langgam Melayu : terbaik I (Tri Utami dari Kisaran), terbaik II (Suci Apriani Sitorus dari Kisaran) dan terbaik III (Ajai dari Kecamatan Silau Laut).

H Surya dalam pidatonya mengatakan PSBD Asahan ke III tahun 2017 disamping memberikan hiburan kepada masyarakat, juga penyampaian informasi, pengetahuan serta merupakan forum untuk mempererat silaturrahmi antara satu etnis dengan etnis lainnya dan pada akhirnya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Asahan.

H Surya juga menyampaikan bahwa seni budaya dari berbagai etnis yang berbeda-beda merupakan potensi kekuatan bangsa untuk menahan dan menghadapi efek negatif globalisasi dari luar negeri. Oleh sebab itu kepada seluruh etnis diharapkan tetap melakukan pembinaan atau pengkaderan bagi generasi muda masing-masing etnis agar mencintai dan melestarikan budayanya, (Mar/syaf/ma)