Menu

670 Mahasiswa UNA Wisuda

Perdana Ramadhan/ METRO ASAHAN
Rektor UNA saat mewisuda sarjana angkatan XXII .

MetroAsahan.com, KISARAN – Sebanyak 670 mahasiswa Universitas Asahan (UNA) diwisuda, Sabtu (18/11). “Kini, kehadiran UNA sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara sudah dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, komitmen UNA untuk menciptakan admosfir akademik yang kondusif sehingga mampu mencetak alumni yang siap bersaing didunia kerja patut diapresasi,“ kata rektor UNA Prof Dr Ibnu Hajar Damanik, MSi.

Ke depan, UNA akan dijadikan sebagai pusat pengembangan teknologi terapan seperti budidaya perikanan Kawasan Pantai Timur Sumatera, dengan mengoptimalkan pengembangan Prodi Budidaya Perairan dalam bentuk melengkapi jumlah tenaga akademik dan sarana prasana serta membangun kerjasama dengan beberapa SMK Perikanan, Dinas Perikanan dan lembaga lembaga terkait di beberapa Kabupaten Kota yang ada di Kawasan Pantai Timur Sumatera.

Di bidang menejemen kampus, Ibnu Hajar juga mengatakan, reorganisasi kembali SDM yang ada di UNA. Sebanyak 50 persen dosen UNA sudah mengikuti Pelatihan Pendidikan AA lewat kerjasama dengan Unimed untuk mempersiapkan proses perkuliahan efektif dan bermutu yang akan menunjang pencapaian Standar Mutu Lulusan UNA yang siap kompetitif di lapangan.

“Upaya peningkatan SDM terus diupayakan dengan memacu peningkatan kepangkatan dosen UNA yang berjumlah 123 orang didorong naik ke jenjang pangkat yang lebih tinggi seperti Asisten Ahli, Lektor dan Lektor Kepala. Kerjasama dengan PT dalam dan luar negeri terus digalakkan dalam bentuk Seminar dan workshop baik Nasional maupun Internasional,” terang Ibnu.

Sementara itu, Kordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Sumatera wilayah I saat memberikan mengapresiasi akselesari  kebangkitan UNA untuk tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya merupakan hasil usaha dan jerih payah akademik beserta yayasan sehingga masyarakat mempercayakan UNA sebagai salah satu perguruan tinggi tempat menimba ilmu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Universitas Asahan If H Syarifullah Harahap M.Si, mengatakan bahwa yayasan UNA terus berpacu membangun dengan mengembangkan berbagai fasilitas serta mendukug kegiatan akademis yang diprogramkan oleh Universitas Asahan.

Di tahun ini, ditambahkan Syarifullah Harahap, pihak yayasan akan menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk peningkatan akreditasi tujuh program studi agar memperoleh nilai B. “Sehingga Insya Allah pada tahun 2018 seluruh prodi di UNA telah memiliki nilai akreditasi B,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP yang diwakili oleh staf ahli Nazaruddin mengatakan UNA merupakan ikon Kabupaten Asahan, untuk itu diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya dan memungkinkan bersaing dengan perguruan tinggi di sumatera Utara.

Adapun, 670 wisuda sarjana terdiri dari 42 wisudawan fakultas teknik,78 wisudawan fakultas pertabian, 174 wisudawan fakultas ekonomi, 92 wisudawan fakultas hukum dan 284 wisudawan fakuktas keguruan dan ilmu pendidikan. (per/syaf)