Menu

Ratusan Massa Unjukrasa di PKS PT Nubika Jaya

Niko/MetroAsahan
Massa melakukan aksi unjukrasa di depan gerbang PT Nubika Jaya.

MetroAsahan.com, LABUSEL – Ratusan massa dari Ikatan Pemuda Karya (IPK) Labuhanbatu Selatan dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Labuhanbatu Selatan melakukan unjukrasa di gerbang PMKS PT Nubika Jaya yang beralamat di Jalinsum Bloksongo Desa Sisumut Kecamatan Kotapinang, Rabu (14/9) sekitar pukul 11.00 WIB.

Adapun tuntutan dari pengunjukrasa antara lain kontribusi PMKS PT Nubika Jaya terhadap penerimaan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan hampir bisa dikatakan tidak ada, bahkan izin gangguan (HO) sampai sekarang tidak diproses perusahaan.

Sedangkan kontribusi perusahaan terhadap masyarakat dalam bentuk CSR juga tidak wajar dan hanya berupa pembagian minyak goreng gratis serta pasar murah disaat menjelang Idul Fitri.

“Kami mau seluruh izin di PT Nubika Jaya agar ditinjau ulang,” ujar Kordinator Aksi Juadi.

Pengoperasian 4 buah pabrik dengan fungsi berbeda dalam satu lokasi industri yang tidak memiliki legalitas sebagai kawasan industri sungguh sangat merugikan Pemkab Labuhanbatu Selatan. Sebab Pemkab Labuhanbatu Selatan belum menetapkan lokasi tersebut sebagai sebuah kawasan industri.

“Sampai saat ini pemkab belum menetapkan lokasi kawasan industri, untuk itu penerbitan legalitas PMKS Nubika Jaya sebagai sebuah kawasan industri berikat, mohon kiranya dikaji ulang izin tersebut,” ujar Sekretaris IPK Labuhanbatu Selatan Abdul Situmorang.

Aktifitas industri yang terdiri dari pengelolaan CPO, minyak makan, sabun dan bahan baku kosmetik, serta diduga memproduksi Gas Metal dihasilkan dari pengelolaan limbah CPO, sekaligus memperjual belikan Abu Boiler yang merupakan limbah dari industri.

“PMKS Nubika terletak ditengah permukiman masyarakat yang disekitarnya ada Hotel, Rumah Sakit, SPBU, sekolah, Rumah Makan, sangat berdampak langsung dengan limbah industri,” lanjut Abdul dalam orasinya.

Setelah situasi memanas, akhirnya perwakilan massa diterima oleh pihak perusahaan melalui Humasnya Sofian Nasution dan diadakan pertemuan di kantor PMKS PT Nubika Jaya yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Sahdian Purba bersama anggota DPRD yaitu H. Zainal Harahap, Husni Rizal, Asil Bangun dan P. Aritonang.

Sementara dari pihak keamanan hadir Kapolsekta Kotapinang Kompol SM Sitanggang, Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol J. Panjaitan dan Kasat Intelkam AKP JF Simanjuntak.

Namun, karena Manager PMKS PT Nubika Jaya tidak bisa ditemui, akhirnya perwakilan massa pun kembali menuju gerbang melakukan aksi orasi sampai pukul 14.00 Wib dan selanjutnya massa membubarkan diri dengan tertib. “Kita sudah sampaikan etikat baik, namun pihak perusahaan tidak mau bertemu. Maka dalam waktu dekat kita akan aksi dengan jumlah ribuan massa”, Kata Abdul Situmorang.

Sementara itu, Humas PT Nubika Jaya Sofian Nasution mengatakan saat ini manager tidak bisa ditemui, karena sedang beristirahat dan tidak bisa diganggu.(nik)