Menu

Jam 11 Dokter Tak Kunjung Datang, Direktur RSUD Rantauparapat: Setiap Rabu Rapat Internal

Para Pasien sedang antri yang menunggu kedatangan dokter di depan Poliklinik RSUD Rantauprapat.
Para Pasien sedang antri yang menunggu kedatangan dokter di depan Poliklinik RSUD Rantauprapat.

MetroAsahan.com, LABUHANBATU – Dokter spesialis di Poliklinik RSUD Rantauprapat sampai pukul 11.15 WIB belum juga melayani satu pun pasiennya yang telah menunggu antrian dari pagi hari.

“Sudah jam 11.00 WIB, dokter juga belum datang,” ucap Halet Manulang (31), warga Tanjung Harapan, Kecamatan Bilah Hulu, yang mengantarkan ibunya berobat rutin saat menunggu di Poliklink Kulit dan Neurologi RSUD Rantauprapat, Rabu (17/5).

Menurutnya, pasien yang terkadang dalam kondisi labil disebabkan menanggung derita penyakit, semakin tersiksa harus menunggu berlama-lama untuk mendapatkan diagnosa dokter.

“Ibu saya sudah gelisah, apalagi penyakit yang dideritanya sudah dari sekitar 7 bulan yang lalu. Namun sejak beberapa bulan terakhir ini saya sering membawa ibu saya ke sini untuk berobat rutin,” ujar Pria berbadan tegap tersebut. Dia kerap mengalami hal ini. Karena, harus mengambilkan resep dokter untuk perawatan lanjutan ibunya.

“Bukan kali ini aja begini bang. Tadi aja ada juga keluarga pasien yang mengeluhkan keadaan yang sama seperti saya. Kadang sampai jam 12 siang baru datang dokter,” imbuhnya.

Untuk itu, dia berharap ke pihak manajemen RSUD Rantauprapat agar memperhatikan jadwal kehadiran dokter dan melakukan pembenahan di lembaga tersebut.Senada, Muhammad Rahman Hutasoit (70) pasien Poliklinik Paru, warga Bilah Hulu, Labuhanbatu meminta bupati untuk menata RSUD Rantauprapat. Khususnya, berkaitan jadwal kehadiran para dokter di sana.

“Kan mereka mendapat fasilitas dari Rumah Sakit,” keluhnya beberapa waktu lalu.

Dia kerap mengalami hal ini. Keterlambatan kehadiran dokter di sana, alhasil menyebabkan pasien rawat jalan harus lama antrian di poliklinik-poliklinik. Sering kali para pasien baru dapat meninggalkan RSUD hingga di atas pukul 14.00 wib. “Padahal datang sedini mungkin. Tapi, pulang jam 2 siang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Rantauprapat dr Syafril Rahmadi Maulana Harahap mengatakan bahwa pada setiap hari Rabu kami rutin mengadakan rapat internal.

“Setiap hari Rabu kami memang rutin mengadakan rapat internal dengan para dokter spesialis dan bagian lain di sini. Saat ditanya mengapa Dokter Spesialis sampai mengabaikan tugasnya, saat para pasien sudah antri menunggu, Syafril menjawab, untuk penanganan pasien yang berobat rutin. Kita sudah sediakan dokter umum di setiap Polyklinik,” jelasnya, Rabu (17/5) melalui seluler. (bud/rah/ma)

loading...