Menu

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Lebaran 2017

ILUSTRASI
ILUSTRASI

MetroAsahan.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar mudik gratis untuk warga yang ingin merayakan Lebaran 2017. Diharapkan angka penumpang yang ingin mudik bisa meningkat dari tahun 2016.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan?, dalam mudik gratis 2017 pihaknya menargetkan jumlah penumpang sebesar 208,435. Ini lebih besar dari tahun sebelumnya berjumlah 122,733.

“Dengan demikian target penumpang tahun 2017 ini sebesar 69,83 persen,” ujar Budi Karya dalam konfrensi pers di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Kamis (18/5). Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menambahkan, target itu lebih besar karena tahun 2016 lalu program mudik gratis tidak maksimal dalam sosialisasinya.

Sehingga dia mengaku yakin mudik gratis 2017 ini lebih diminati penumpang, Apalagi, dirinya sudah memerintahkan anak buah untuk melakukan sosialisasi. “Meminta seluruh Sekjen dan Dirjen Kemenhub untuk mempersiapkan terus sosialiasi ini,” katanya. Ungkap Budi, adanya mudik gratis ini Kemenhub bekerja sama anak perusahaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga pihak swasta. Sehingga mudik gratis ini akan bisa berjalan lancar tanpa hambatan.
“Kemenhub sudah mengandeng berbagai pihak, BUMN dan swasta,” katanya.

Mudik gratis ini juga menyasar kepada pemilik kendaraan bermotor, seperti sudah dipersiapkan truk, kapal dan kereta api khusus mengangkut motor. Seperti truk dipersiapkan Kemenhub sebanyak 124, kereta api menargetkan mengangkut 18096 motor, dan kapal bisa mengangkut 16.000 motor.

Sementara kendaraan mudik Lebaran yang fokus mengangkut motor tersebut, Kemenhub menargetkan angka sebesar 44,721 motor. Jumlah ini lebih besar dari tahun sebelumnya sebesar 17,557.

Oleh sebab itu dia berharap kepada masyarakan yang ingin melakukan mudik dengan kendaraan bermotor kendaraan bermotor  bisa mengurungkan niatnya. Lebih baik motor mereka diangkut oleh truk, kereta api dan juga kapal. Karena angka kecelakaan tertinggi pada saat arus mudik dan arus balik adalah dari kendaraan roda dua. “Diharapkan tidak menggunakan motor apalagi jaraknya jauh gunakan mudik gratis dan motor diangkut lewat truk, kereta api, dan kapal,” pungkasnya. (jpg)

loading...