Menu

Peringatan Hari Buku Nasional, Membaca Sumatera dari Jejak Literasi

Buku Membaca Sumatera

MetroAsahan.com – Dalam memeringati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei, Yayasan Pusat Kajian dan Dokumentasi Sumatera (Institut Sumatera) menggelar kegiatan Membaca Sumatera.

Kegiatan tersebut akan diadakan di Perpustakaan Daerah Sumatera Utara depan Istana Maimun yang akan berlangsung tanggal 17 -20 Mei 2017. Dan pembukaan kegiatan acara ini pada tanggal 17 Mei 2017 di mulai pukul 14.30 WIB.

Membaca Sumatera Utara merupakan sebuah kegiatan yang mencoba mengingatkan kembali kepada masyarakat  Sumatera bahwa sebelum kemerdekaan, Sumatera memiliki masa kejayaan tentang penerbitan. Bahkan mengawali perkumpulan penerbit adalah Kota Medan. Sebut saja beberapa penerbit yang jaya pada masa dulu, yakni Penerbit Bin Harun, Djambatan, Monora, Madju, Hasmar, Ambilo, Indra Balige dan masih banyak lagi bahkan sampai ratusan.

Menariknya, pernerbitan tempo lalu itu sampai ke pelosok desa. Ada salah satu desa kecil di antara Tarutung dan Sibolga, yaitu Desa Sitahuis yang memiliki penerbit dan percetakan. Bahkan Oeang Republik Tapanuli dicetak di sana sebagai mata uang resmi di Tapanuli pada awal kemerdekaan.

Adapun beberapa acara nantinya dalam Membaca Sumatera itu antara lain, pameran buku berkaitan dengan Sumatera terbitan tahun 1816-1967 dan buku langka, diskusi ‘Kode-Kode Nusantara’ bersama Hokky Situngkir.

Hokky Situngkir merupakan ilmuwan muda dan salah satu pendiri Bandung Fe Institute peneliti Batik Fraktal dan Gorga, diskusi menggait Medan sebagai kota penerbit, mengenang Sastrawan Sumatera, literasi kebencanaan dan bincang-bincang santai dengan menghadirkan beberapa pembicara yang mumpuni di bidangnya, seperti Ichwan Azhari, Idris Pasaribu, Hasan Al Banna dan lain-lain.

Dalam menyukseskan kegiatan ini, Yayasan Institut Sumatera bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara, lingkarfiksi, Sopo Panatapan, Mataniari, Historical Sumut, Tobaleuser, Rumah Karya Indonesia, Umbara Books, Simpel. Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara. (rel/rah/ma)