Menu

KPK Dilibatkan pada Penerimaan Siswa Baru

Ilustrasi
Ilustrasi

MetroAsahan.com, SIANTAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017-2018 khusus tingkat SMA/SMK Negeri se-Sumut diterapkan secara online.

Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) kini telah memiliki aplikasi online dengan istilah Pendidikan Atas Terintegrasi Elektronik atau Paten.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MK2S) SMA Negeri dan Swasta se-Kota Pematangsiantar RB Manurung MPd, Selasa (16/5) kemarin mengatakan, aplikasi secara online itu sedang dalam proses dan membangun sistem atau jaringan. Dalam pembuatan aplikasi ini, Disdik Sumut dibantu Pemko Bandung dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Direncanakan tahun ini aplikasi ini sudah bisa dilaksanakan. Kenapa KPK dilibatkan? Jawabannya, agar tidak ada lagi permasalahan seperti sebelum-sebelumnya yang membuat masyarakat resah,” ujar Manurung.

Menurut dia, tujuan lain dibuatnya sistem online PPDB tersebut, yakni untuk meningkatkan integritas dan tingkat kejujuran. Tak hanya itu saja, penerimaan siswa di sekolah dapat lebih merata. Artinya, tidak hanya kepada sekolah yang difavoritkan saja. Dengan kata lain, sesuai dengan kemampuan dan kompetensi siswa masing-masing.

“Aplikasi tersebut dibangun agar tidak ada lagi masyarakat yang berbondong-bondong mengejar sekolah favorit yang menyebabkan munculnya isu-isu miring,” sebutnya.  (th/pra/ma)