Menu

Penggantian Kartu JKN-IS Cepat dan Mudah

Warga yang ingin mengurus kartu JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Tanjungbalai.
riki/METRO ASAHAN
Warga yang ingin mengurus kartu JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Tanjungbalai.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Andi Abdul Rahim SE yang biasa disapa Andi AR (31) adalah seorang pengurus organisasi KNPI/Wakil Sekretaris DPC PPP Kabupaten Asahan. Ia sempat memviralkan testimoni di akun facebooknya tentang pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai saat ia mengurus kartu ayah angkatnya yang hilang.

Ketika dikunjungi di kediaman orang tuanya di Tanjungbalai, kepada Humas BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai, ia bersedia membagi ceritanya tentang kepuasannya atas pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai.

Andi memiliki seorang ayah angkat yang bernama Jamaluddin S (68) yang pekerjaan sehari-harinya adalah nelayan. Di usianya yang renta, beliau menderita sakit Infeksi pencernaan. Pada 13 Maret 2017 lalu, ayah angkat Andi dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Tengku Mansyur Tanjungbalai. Ketika dilarikan ke rumah sakit, pihak BPJS Kesehatan Center (Bescen) RSUD meminta kartu JKN-KIS untuk memastikan kepesertaan ayah angkat Andi tersebut.

Namun beliau tidak dapat menunjukkannya lantaran kartu tersebut hilang. Meskipun diberikan waktu 3×24 jam untuk menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS saat itu Ibu angkat beliau langsung menelepon Andi dan meminta tolong untuk menguruskan kartu tersebut ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai.

“Ya Omak (Ibu Angkat) nelpon minta tolong ‘buatkan’ kartu BPJS ayah, tetapi  saat itu sebenarnya saya sedang buru-buru mau mengurus kerjaan saya. Namun untuk meredakan kecemasan orang tua angkat saya tersebut, saya lantas mengiyakan permintaan tersebut dan langsung bergegas ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai,” katanya.

Andi sempat menyangka bahwa waktu pencetakan kartu pengganti akan sangat lama dan berbelit-belit.

Namun kenyataan yang ia alami, tidak seperti yang ia kira. Ia bercerita, ketika turun dari mobil, ia langsung disambut senyum ramah satpam kantor. Walaupun masih dari kejauhan, ia melihat keramahan terpancar dari wajah kedua satpam.
“Satu satpam sedang melayani peserta satu lagi sedang menyambut saya, tapi dua-duanya kasih senyum ramah ke saya,” aku Andi.

loading...