Menu

Panwas Kota Tanjungbalai Sosialisasikan Pengawasan Pemilu

Ilustrasi

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018, Panitia Pengawas (Panwas) Kota Tanjungbalai melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu). Ada pun sub materi peran aktif masyarakat dalam pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini diikuti ratusan masyarakat dari 6 kecamatan se Kota Tanjungbalai. Kegiatan dilakukan di Raja Bahagia Resto Jalan Arteri, Rabu (25/10). Acara yang dilaksanakan dua gelombang dan diikuti 100 orang peserta terdiri dari pemilih pemula, pelajar, mahasiswa, ormas sipil dan media massa.

Ada pun narasumber tim asistensi Panwaslih Kota Tanjungbalai Andrian Sulin SH, Mhd Reza Pahlevi dan Nikmal Azhari Lubis. Sebagai moderator/fasilitator Tengku Aziddin, SAg dan bertindak selaku protokol Safrul.

Ketua Panwas Kota Tanjungbalai Dedi Hendrawan dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, mengajak peran aktif masyarakat dan bergotong-royong untuk membantu Panwas berupa informasi/masukan dalam rangka pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 akan datang. Tujuannya agar terlaksana pemilu dengan jujur dan adil. Tujuannya untuk melahirkan pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menyusun kebijakan yang tepat, demi perbaikan nasib rakyat secara bersama-sama,” ujar Dedi.

Sedangkan mewakili divisi organisasi dan SDM Panwas Kota Tanjungbalai Irwan Nasution saat menyampaikan sambutannya juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam pengawasan untuk mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan pemilihan sesuai peraturan perundang-undangan. Karena sejatinya pengawas pemilihan adalah masyarakat.

Irwan juga mengharapkan partisipasi sahabat Panwas untuk membentuk “Warung Panwas” sesuai amanah Bawaslu Provinsi Sumatera Utara dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.”

Tim asistensi Panwaslih Kota Tanjungbalai selaku Narasumber diantaranya Andrian Sulin, Mhd. Reza Pahlevi dan Nikmal Azhari Lubis secara bergantian juga memberikan pengarahan kepada peserta yang intinya bertujuan untuk mengajak dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilihan untuk disampaikan kemasyarakat dilingkungan kita. (ilu/syaf)