Menu

Peringati HUT ke-67 IDI & HKN ke-53: 83 Orang Donorkan Darah

Agus/ METRO ASAHAN
Para warga yang mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah yang digelar PMI dan IDI Tanjungbalai.

MetroAsahan.com, TANJUNGBALAI – Menyambut Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (HUT IDI) ke-67 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, IDI Kota Tanjungbalai bekerjasama dengan PMI melaksanakan Bhakti sosial Donor Darah yang dilaksanakan di Aula IPHI Tanjungbalai Jalan Gaharu, Kamis (23/11).

Pantauan di lapangan, Jumlah peserta yang melakukan donor darah sebanyak 53 orang terdiri dari TNI AL, AD, Polres, BUMN swasta, dan jajaran Pemko Tanjungbalai serta undangan. Sebelum pasien melaksanakan donor darah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa tensi tekanan darah, test HB darah.

Panitia kegiatan Dr Dewi Anggraini mengaku, aksi donor darah terselenggara berkat bantuan dari berbagai pihak, yang telah memberikan bantuan moril maupun materil serta sponsor, dengan target pendonor 83 orang dan sampai saat ini telah melakukan donor darah sebanyak 53 orang.

Ketua PMI Kota Tanjungbalai, H Kosasi mengucapkan selamat HUT IDI dan HKN seta terima kasih atas kerjasama yang diberikan dan dipercayakan kepada kita untuk kegiatan kemanusian termasuk salah satunya donor darah demi terpenuhinya stok darah serta masyarakat yang membutuhkannya.

“Untuk Kesehatan ini sangat berguna bagi tubuh untuk mengganti sel sel darah merah kita, sedangkan demi kemanusian berguna bagi masyarakat kota Tanjungbalai yang membutuhkan serta Tanggal 8 Des 2017 ada acara teguh karya yang dilaksanakan di Sibolga, kita akan kirim persinil PMI sebanyak 35 orang, sementara donor darah yang dilakukan TNI AL beberapa waktu lalu diterima dan disimpan PMI Kota Tanjungbalai didalam kulkas sebanyak 44 kantong darah, setiap Kantongnya sangat sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Walikota Tanjungbalai H M Syahrial SH MH, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi dengan penyelenggaraan aksi donor darah. Hal ini sangat baik dan mulia karena apa yang diperoleh hasilnya dapat dipergunakan bagi masyarakat yang kekurangan darah.
“Maaf saya belum bisa donor darah, karena baru enam bulan yang lalu donor darah,” ujar Syahrial.

Ditambahkannya lagi, dalam acara ini dirinya mengucapkan HUT IDI & HKN kepada dokter dan tenaga kesehatan se Kota Tanjungbalai.

“Saya juga berharap melalui Ketua IDI Tanjungbalai beserta anggotanya, hendaknya datang ke kantor. Mungkin bisa ngobrol dan saling bertukar pikiran melakukan terobosan guna kemajuan program kesehatan di kota kerang dan masyarakat yang kita cintai ini,” ucapnya.

Syahrial menambahkan, dokter harus mempunyai kinerja yang lebih baik dalam bidang Kesehatan/Medis, untuk membantu nyawa seseorang, agar dapat mengangkat penyakit sipasien.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Tanjungbalai, Dandim 0208/AS, Danlanal TBA, Kapolres Tanjungbalai, DPRD Tanjungbalai, SKPD, Ketua IDI beserta Pengurus IDI Kota Tanjungbalai. (gus/syaf)