Menu

Guo Meimei Kerap Pamer Kemewahan

Guo Meimei
Guo Meimei

MetroAsahan.com – Seorang selebriti media sosial China dihukum lima tahun penjara dan denda hingga 50.000 yuan, atau sekitar Rp113 juta. Pengadilan menyatakan, Guo Meimei bersalah karena telah menjalankan perjudian ilegal.

Wanita cantik berusia 24 tahun itu menjadi terkenal pada 2011 lalu setelah memamerkan gaya hidup mewah di media sosialnya. Pada beberapa foto yang diunggahnya ke media sosial, Meimei kerap memamerkan mobil mewah dan kekasihnya yang berdandan mencolok. Ia mengaku bekerja untuk sebuah perusahaan yang berafiliasi dengan Palang Merah.

Dilansir CNN, Selasa 15 September 2015, pengadilan mengungkap bahwa gaya hidup mewah Meimei tersebut diperoleh dari bisnis kasino yang dioperasikan di apartemen pribadinya di Beijing.

Meimei mengaku tidak bersalah atas tuduhan tersebut di persidangan, meskipun dia mengaku terlibat dalam perjudian, menurut kantor berita China, Xinhua. “Saya seharusnya tidak berpartisipasi dalam perjudian, tapi saya tidak berpikir tindakan saya merupakan kejahatan,” katanya dalam pernyataan terakhirnya.

“Saya tahu saya membuat kesalahan, dan saya benar-benar menyesal,” tambahnya, sambil berdebat dia layak mendapatkan keringanan hukuman karena dia tidak memiliki “pengetahuan hukum” bahwa itu merupakan sebuah tindak kejahatan.

Zhao Xiaolai, tersangka lain yang terlibat dalam kasus ini dituntut hukuman dua tahun penjara dan denda 20.000 yuan atau sekitar Rp45 juta. Pengacara Meimei, Wu Junqiang mengatakan kepada media pemerintah Beijing Morning Post bahwa kliennya belum memutuskan apakah akan mengajukan banding.

Paska penangkapan pada Agustus lalu, Meimei membuat pengakuan dramatis di televisi tentang kehidupan perjudian ilegal dan seks komersil yang terpampang di halaman depan media China.

Pada saat itu, akun Weibo milik Meimei menampilkan foto-foto dirinya mengendarai jet ski dalam balutan bikini, dan beberapa foto lainnya tampak ia berpose di belakang kemudi sebuah Lamborghini. Ia memiliki hampir dua juta pengikut.

Foto-foto pamer kemewahannya itu memicu kemarahan publik, karena Meimei selama ini mengaku sebagai seorang pekerja amal. Publik mempertanyakan gaya hidup mewah Meimei yang tak sepadan dengan profesi yang diakuinya. Palang Merah China juga membantah memiliki hubungan kerja sama dalam bidang amal dengan Meimei. (int/ma)