Laptop dengan Bezel Tertipis di Dunia

Bagikan:
Laptop

MetroAsahan.com – LAYAKNYA smartphone, semakin hari layar laptop dibuat kian lapang. Nah, laptop yang satu ini baru saja didapuk punya bezel tertipis di dunia.

Laptop yang dimaksud adalah Zenbook S13. Asus melahirkannya di ajang CES 2019 dan langsung menuai decak kagum.

Bezel laptop ini begitu tipis. Informasi dari Asus, ketebalannya hanya 2,5 mm. Karena itu, aspek rasionya mencapai 97%. Ini adalah aspek rasio terbesar sejauh ini, menyalip Acer Swift 7 yang memiliki 92%.

Tapi, ada hal yang tak biasa di laptop ini. Ada notch, tapi tidak menutupi layar dan dibuat tonjolan di atas layar. Walau secara desain terkesan aneh, keberadaannya cukup membantu ketika membuka laptop ini. Di notch ini sendiri, ditempatkan webcam.

Asus membuat tampilan layarnya cukup apik, walau resolusinya 1080p. Secara dimensi, Zenbook S13 lebih lebih kecil ketimbang pendahulunya. Kendati begitu, ukuran masih sama.

Beralih ke tampilan luarnya, Asus masih membawa ciri khasnya di bagian cover depan laptop ini. Materialnya dari aluminium berwarna silver, perpaduan tersebut membuat Zenbook S13 tampil mewah nan futuristik.

Cukup menarik lagi, laptop ini mengantongi sertifikat MIL-STD-810G. Artinya, durabilitas Zenbook S13 berstandar militer.

Hanya saja, lantaran bodinya yang kecil, port yang dimiliki tidak begitu lengkap. Meski demikian, sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna. Ada dua port USB Type C di sisi kiri menemani slot microSD. Sedangkan di sisi kanan ada jack audio dan USC type A.

Laptop ini mengusung engsel ergolift seperti sejumlah perangkat Asus lainnya. Sistem engsel ini membuat bagian belakang menjadi dudukan saat laptop ini dibuka, sehingga memberikan kemiringan pada keyboard.

Tipikal laptop Asus, keyboard Zenbook S13 enak digunakan. Memiliki backlit keyboard yang memudahkan pengetikan saat kondisi gelap. Untuk touchpadnya, cukup luas dan nyaman bernavigasi di atasnya. Di area touchpad ini, Asus menempatkan sensor sidik jari.

Secara keseluruhan, Zenbook S13 cukup memikat. Desainnya menawan, layar dengan bezel tipisnya mampu memuaskan mata.

Kalau soal kemampuan, melihat speknya, seharusnya tidak ada keluhan. Tapi memang harus dibuktikan dengan pengujian. Pun begitu, semoga saja Asus memboyong Zenbook S13.

Spesifikasi

Layar: 13,9 inch Full HD

Prosesor: up to Intel Core i7-8565U

RAM: up to 16 GB

Memori: PCIe M.2 SSD upto 1TB

GPU: Nvidia GeForce MX150

Dimensi: 12,9 x 316 x 195 mm

Berat: 1,1 kg. (dtc/dtn/int/ma)

Bagikan: