Menu

TelkomGroup Sediakan Wifi Gratis di 157 lokasi dan Serahkan 1000 Simcard Simpati untuk Polda Sulawesi Tengah

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga serahkan 1000 simcard simPati Polda Sulteng disaksikan oleh Menteri BUMN RI Rini M Soemarno di Integrated Operation Center (IOC) Wilayah Telkom Sulawesi Tengah, Palu (3/10).

JAKARTA – Sebagai upaya memenuhi kebutuhan komunikasi warga yang terkena dampak bencana gempa di Sulawesi Tengah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sediakan akses wifi gratis di 157 lokasi yang tersebar di Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli dengan SSID TelkomPeduli. Selain itu, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga juga menyerahkan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah untuk membantu aparat kepolisian dan relawan melakukan koordinasi pasca bencana. Selain itu, untuk membantu awak media yang bertugas, TelkomGroup menyediakan Media Center di Kantor Telkom Jalan Moh. Hatta, Kota Palu.

Kabid IT Polda Sulteng AKBP M. Haritsuddin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan TelkomGroup selama proses pemulihan jaringan telekomunikasi di Sulteng. “Kami sangat berterima kasih kepada TelkomGroup karena dalam waktu yang relatif singkat secara bertahap dapat me-recovery jaringan telepon maupun internet di Sulteng. “Saat ini posko-posko yang ada di Palu sudah dilayani dengan akses wifi dan telepon via kabel. Ini sanagt memudahkan komunikasi antara posko dan petugas yang ada di lapangan,” jelas Haritsuddin.

AKBP M. Haritsuddin juga mengapresiasi TelkomGroup atas bantuan 1.000 kartu Simpati. Menurutnya kartu tersebut akan sangat membantu aparat keamanan yang sedang bertugas di lapangan, serta akan memudahkan koordinasi maupun pelaporan antar petugas di lapangan, maupun petugas dengan posko.

Sementara itu, Direktur Network and IT Solution (NITS) Telkom Zulhelfi Abidin mengatakan “Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri, relawan maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan, sehingga kami terus berupata untuk secepatnya memulihkan jaringan telekomunikasi,” ujar Zulhelfi di Integrated Operation Center (IOC) Kantor Wilayah Telkom Palu, Sulawesi Tengah, saat memantau langsung upaya recovery jaringan TelkomGroup, Rabu (3/10). TelkomGroup juga menyiapkan fasilitas telepon gratis di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu.

Untuk layanan seluler bagi warga Sulawesi Tengah, TelkomGroup melalui Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala. Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.

Paket dapat diaktivasi melalui dial number *888*20#. Setiap aktivasi berlaku selama 7 hari dan paket layanan gratis ini dapat digunakan untuk 14 hari ke depan. Telkomsel juga menyediakan fasilitas telepon gratis di GraPARI Palu yang beralamat di Jalan Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Kota Palu.

Direktur Nerwork Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, TelkomGroup terus mengupayakan percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, khususnya untuk layanan seluler Telkomsel. “Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70%. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” jelas Bob.

BUMN Tanggap Bencana Gempa Sulawesi Tengah

Selain mengupayakan pemulihan jaringan secara maksimal, TelkomGroup bersama 7 (tujuh) BUMN yaitu PT PLN (persero), PT Pertamina (Persero), PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero), juga fokus terhadap upaya pemberian dan penyaluran bantuan untuk korban bencana melalui program BUMN Tanggap Bencana Gempa Sulawesi Tengah.

Bantuan awal yang telah tiba di Palu antara lain 2 ton beras, 21 unit tenda, 100 dus mie instan, susu dan popok bayi, serta obat-obatan. Selanjutnya, bantuan akan disalurkan ke sejumlah titik lokasi warga terdampak.

Bantuan dari BUMN masih akan terus bertambah seiring dengan membaiknya infrastruktur jalan dan akses pengiriman bantuan ke lokasi bencana. Saat ini TelkomGroup terus berkordinasi dengan BUMN lainnya, BNPB dan Pemerintah Sulawesi Tengah untuk mendata bantuan akan disalurkan. Bantuan oleh BUMN ini merupakan bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat Palu dan sekitarnya yang terkena dampak bencana gempa, serta sebagai wujud sinergi BUMN Hadir untuk Negeri. (Int/TSel)

Loading...