5 Kebiasaan Sehat ini Bisa Bantu Anda Hidup Lebih Lama

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com – Apakah Anda sadar kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap hari berdampak pada lama atau tidaknya Anda hidup?

Ternyata Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan hidup yang lebih sehat dan lama. Cukup lakukan hal-hal kecil yang sehat dan positif setiap harinya, maka Anda bisa menghirup udara lebih lama. Inilah beberapa kebiasaan sehat yang membuat Anda hidup lebih lama, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (25/7).

1. Konsumsi sedikit daging.
Para ilmuwan telah menemukan orang yang hidup paling lama biasanya hanya mengonsumsi sedikit daging dan ada alasan bagus untuk mengadopsi kebiasaan makan tersebut.

Penelitian telah menemukan orang yang mengonsumsi sekitar satu porsi daging merah (daging sapi atau domba) setiap hari memiliki 13 persen peningkatan risiko kematian, dibandingkan dengan mereka yang hanya makan sedikit daging.
Dan konsumsi daging olahan mengakibatkan peningkatan sekitar 20 persen dari risiko kematian akibat berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Studi tersebut juga menemukan orang yang mengganti satu porsi daging merah dengan makanan alternatif menurunkan risiko kematian dini antara 7 persen hingga 9 persen.

2. Makan ikan secara teratur.
Berbicara tentang mengganti daging merah dengan pilihan yang lebih sehat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan ikan. Satu review terakhir yang melibatkan lebih dari 670 ribu peserta menemukan bahwa mereka yang makan ikan terbanyak berisiko paling rendah mengalami kematian dini.

Kemungkinan beberapa hal ini berkaitan dengan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan otak Anda. Ikan dengan jumlah tertinggi asam lemak omega-3 meliputi salmon, mackerel, herring, trout, sarden dan tuna albacore.

3. Kurangi susu.
Sistem pencernaan manusia tidak dioptimalkan untuk susu sapi, jadi mengapa kita harus mengonsumsinya?
Kalsium adalah jawaban yang biasa, tapi Anda bisa dan harus mendapatkan kalsium dari sumber lain. Secangkir kangkung yang dimasak, misalnya, memberi Anda kalsium sama dengan secangkir susu dan sebenarnya lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menyerap kalsium yang ditemukan di kangkung. Plus, sayuran ini bebas dari semua lemak dan gula yang ditemukan dalam susu.

4. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau.
Makanan terbaik untuk meningkatkan umur Anda adalah sayuran hijau, tapi tanaman apa pun tetap lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Peneliti dari Universitas Loma Linda menemukan vegetarian berisiko 12 persen lebih rendah untuk meninggal dalam waktu enam tahun dibandingkan dengan non-vegetarian.

5. Mulai konsumsi roti tradisional.
Roti yang Anda temukan di supermarket sangat jauh berbeda dari roti tradisional yang dibuat dengan bakteri yang mencerna pati dan gluten sambil membantu roti naik.

Inilah proses yang menciptakan asam, yang memberi roti tersebut rasa. Roti yang dihasilkan tidak hanya lebih rendah gluten, tapi juga membantu menurunkan beban makanan glikemik. Ini berarti bahwa, seperti makanan rendah GI lainnya, roti tradisonal akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap, menjadikannya pilihan roti yang jauh lebih sehat.

Roti tradisonal adalah fermentasi adonan yang panjang dengan menggunakan lactobacillus dan ragi alami atau liar. (jpg)

Bagikan: