Ini Sederet Manfaat Biji Nangka

Bagikan:
Nangka

MetroAsahan.com – ANDA pasti pernah makan nangka, entah sebagai campuran dalam kolak, kue, es buah atau dimakan begitu saja. Namun, sangat jarang kita memanfaatkan biji nangka.

Padahal, biji nangka bisa juga dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu. Kandungannya kaya akan thiamin dan riboflavin yang membantu mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi dan menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut agar tetap sehat.

Selain itu, dalam bijinya tersedia beberapa mineral seperti seng, besi, kalsium, tembaga, kalium dan magnesium. Tapi tidak selalu dikonsumsi, Melansir NDTV, ada beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari biji nangka.

1. Menghilangkan Keriput

Timbul kerutan pada wajah Anda? Cukup ambil beberapa biji nangka dengan susu dingin. Lalu hancurkan biji hingga halus dan ratakan di wajah Anda. Biji nangka yang kaya antioksidan membantu mengurangi tanda penuaan seperti garis halus.

Selain itu, jika Anda ingin tampil awet muda bisa merendam biji nangka bersama susu dan madu, kemudian giling hingga halus.

2. Mengatasi Stres dan Penyakit Kulit

Konsumsi biji nangka secara teratur dapat mengatasi stres yang Anda alami. Ini terjadi karena biji nangka mengandung kadar protein tinggi dan mikronutrien lainnya. Selain itu, juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Pencegah Anemia

Jika Anda terserang penyakit anemia, cobalah makan biji nangka untuk menambah darah. Kandungan zat besi ini banyak terdapat dalam sebutir biji nangka. Anda dapat merasakan khasiatnya yang mampu merawat kesehatan jantung.

4. Rambut Sehat dan Merawat Penglihatan

Kaya akan vitamin A, menjadikannya sebagai salah satu primadona kesehatan. Dengan kandungan vitaminnya, dapat mencegah rambut rapuh dan lebih kuat. Selain itu, dapat menjaga kesehatan penglihatan terutama masalah rabun pada malam hari.5. Mencegah gangguan pencernaan

Bubuk biji nangka dapat membantu masalah pencernaan secara instan. Caranya mudah, cukup keringkan dan giling hingga menjadi bubuk. Anda bisa juga mengonsumsinya langsung dengan direbus terlebih dahulu.

6. Membentuk Otot

Kandungan protein berkualitas tinggi bisa didapatkan dari biji nangka. Untungnya, protein yang diperoleh dari nangka bebas kolesterol. Jadi, mulailah sering konsumsi biji nangka untuk menjaga kesehatan Anda. (oz/int/ma)

Bagikan: