Menu

Biskuit Kurma, Berkhasiat Atasi Mual pada Ibu Hamil

Andy Satria
KAYA MANFAAT: Wahyu Eerisa Ffitri mahasiswa D3 Kebidanan Uunusa memberikan topping buah kurma di atas biskuit yang dibuat untuk ibu hamil, Selasa (23/1).

Morning sickness (muntah saat pagi hari pada ibu hamil, Red) sangat mempengaruhi pertumbuhan janin, karena sang ibu sulit untuk mengkonsumsi makanan. Morning sickness membuat ibu hamil selalu merasa mual dan muntah.

Karena hal tersebut, Wahyu Erisa Fitri, Nurul Afifatul Azizah, Tika Pratama Putri (Mahasiswa D3 Kebidanan), dan Khoirun Nabila (Mahasiswa S1 Keperawatan) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menciptakan inovasi baru untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Inovasi tersebut berupa biskuit berbahan baku kurma yang dapat menjadi camilan bernutrisi untuk ibu hamil.

“Morning sickness ini banyak dialami para ibu hamil di trimester pertama. Pengalaman saya saat praktik di bidan mandiri, 80 persen ibu hamil yang datang mengalami morning sickness. Karena itu kami bertekad membuat inovasi yang dapat mengurangi rasa mual dan dapat menggantikan nutrisi pada ibu hamil yang mengalami morning sickness,” jelas Nurul Afifatul Azizah, Selasa (23/1).

Afif, panggilan akrab Nurul Afifatul Azizah menjelaskan, bahan baku kurma dipilih karena kandungan buah kurma yang baik untuk kesehatan, termasuk ibu hamil. Dan ternyata, kurma sangat bagus untuk menggantikan nutrisi ibu hamil yang berkurang karena mengalami morning sickness. Oleh karena itu, Afif dan teman-temannya menciptakan camilan Biskuit Nutrisi Sunnah Atasi Morning Sickness atau disingkat Bik Nunnah Mingris yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Selain Bik Nunnah Mingris, mereka juga membuat inovasi berbahan baku kolang-kaling, yakni Bikoling (Biskuit kolang-kaling) yang tinggi kalsium untuk anak-anak dan manula. Bikoling dan Bik Nunnah Mingris pun mendapat respon positif. Banyak ibu hamil yang datang ke tempat praktik mereka menyukai camilan ini.

“Katanya bisa mengurangi rasa mual. Alhamdulillah berhasil dan bermanfaat,” ujarnya. (cin/nur)

Loading...