Ini Cara Ajarkan Toleransi pada Anak

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com – Belajar mengenali dan menerima perbedaan adalah satu hal yang perlu diajarkan sejak anak masih kecil. Apalagi Indonesia memiliki banyak RAS. Sudah sepatutnya orangtua mengajarkan bahwa perbedaan itu indah bagi sang anak.

Toleransi tidak hanya dalam artian pada suku bangsa atau agama saja, tetapi juga menyangkut keragaman baik dari jenis kelamin, kecerdasan, fisik, belajar untuk menghargai berbagai perbedaan yang ada antar sesama manusia. Nah, aktris sekaligus ibu dari tiga anak, Widi Mulia pun mengajarkan ketiga buah hatinya dalam bertoleransi.

“Paling mudah mengajarkan anak bertoleransi membuat mereka nyaman dalam berbicara di mana saja. Dari situlah kita tahu bagaimana karakteristik anak,” ujar salah satu personil B3 ini saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Widi menambahkan, Jika si anak nyaman berbicara di mana saja jadi nggak ada ketakutan. Mereka pun mengerti akan toleransi. “Sebagai orang tua kita harus lebih kreatif karena jika di sekolah kan lebih banyak teori saja. Seperti contoh kita membaca buku yang beragam tentang etnis, lalu beri tahu anak tentang isu yang sedang berkembang. Agar kita mudah berbicara atau menjelaskan pada anak,” tutur istri Dwi Sasono ini.(int)

Bagikan: