Prediksi 10 Mobil Baru 2019

Bagikan:

MetroAsahan.com, JAKARTA – Pasar otomotif tahun depan dipredisksi masih tetap panas. Pasalnya, berbagai produsen mobil tanah air tengah menyiapkan jagoan baru untuk disajikan kepada publik.

Diharapkan dengan hadirnya kendaraan baru tahun depan dapat membuat pasar otomotif nasional terus bertumbuh dan menggeliat.

Kali ini JPNN (Grup Koran Ini) coba menghimpun deretan mobil baru dari berbagai merek dan segmen yang diprediksikan memanaskan persaingan pasar mobil tanah air tahun depan.

Duo Astra; Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah menyiapkan produk refreshment Avanza yang digadang-gadang akan mulai dibuka tahun depan. Tentu ini juga berlaku bagi merek Daihatsu dengan Xenia. Keduanya memang dikenal sebagai saudara kembar.

Dari rumor yang sudah berkembang di luar, nampaknya kedua mobil low MPV Astra itu tidak terlalu tinggi memberi kejutan kecuali bagian fascia depan, karena memang status keduanya facelift (major change).

Selain itu, interior juga dikabarkan ada sentuhan baru tapi tidak banyak beserta fitur-fitur yang bakal ditanamkan. Banyak yang menyinggung seperti start stop button, HSA, VSC, AC Digital, lampu LED dan antena shark fin. Jadi keduanya tidak hadir dalam model yang benar-benar baru.

Generasi Penerus Nissan Grand Livina

Di segmen low MPV memang sangat kentara persaingannya. Calon kembaran Mitsubishi Xpander untuk model penerus Nissan Grand Livina juga sudah sangat kuat kabar kedatangannya tahun depan, merupakan hasil aliansi Mistubishi-Nissan-Renault.

Sampai saat ini, baru sebatas informasi berbagi platform saja antara calon penerus Nissan Grand Livina dengan Xpander. Untuk spesifikasi model ini memang masih sangat tertutup rapat informasinya.

SUV WUling

Soal calon SUV Wuling memang sudah secara resmi disampaikan pihak Wuling Motors kepada publik pada Agustus lalu, lewat penampilan model Baojun 530 di GIIAS 2018.

Model tersebut sekaligus mengisyaratkan bahwa SUV Wuling akan mengambil basis SUV yang cukup populer di Cina. Kabarnya akan mulai diperkenalkan pada semester I 2019.

Terbaru, muncul rumor bahwa nama Wuling SUV bermesin 1.500 cc turbo tersebut kemungkinan bernama Almaz. Spesifikasi lainnya sebenarnya sudah diungkap Wuling saat GIIAS 2018, tinggal menunggu harga jualnya saja.

Wuling Cortez Turbo

Selain calon SUV terbaru, Wuling juga diprediksikan tengah mempersiapkan varian baru dari MPV medium-size mereka yakni Cortez yang bakal diinduksi turbocharged.

Selain itu, MPV berkonfigurasi 7 penumpang itu juga bakal dibekali transmisi otomatis jenis CVT (Continuously Variable Transmission), tentunya memiliki kinerja lebih baik dari transmisi otomotis yang saat ini Cortez tawarkan (i-AMT). CVT sendiri memberikan pergantian gigi lebih lembut.

DFSK Glory s560

Setelah DFSK Glory 580 diperkenalkan, Dongfeng Sokonindo Indonesia kabarnya akan membawa masuk 1 varian SUV lain yang berkapasitas 7 penumpang dengan mengusung mesin 1.500 cc Turbo.

SUV asal China itu akan mengusung nama DFSK Fengguang s560. Mobil sudah dijual di Cina. Bisa saja ketika dijual di Indonesia SUV itu diberi nama Glory 560

Honda Mobilio

PT Honda Prospect Motor nampaknya tak tinggal diam untuk menghadapi persaingan di kelas mobil keluarga. Sebab, jika dihitung dari product, Mobilio yang menjadi andalan Honda sudah berusia lima tahun, namun belum dapat perubahan secara menyeluruh. Kemungkina mobil terbaru Honda Mobilio juga akan hadir pada tahun depan.

Toyota Camry

Tak hanya Avanza, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga berniat meghadirkan Camry terbaru pada 2019 mendatang. Kabarnya, perubahan terjadi tidak hanya eksterior dan interior, namun juga pada platform yang digunakan. Selain itu, ada beberapa fitur baru hadir di generasi baru Toyota Camry. Hanya saja, belum ada kepastian mengenai spesifikasi dan fitur yang akan diusung oleh Toyota Camry baru versi Indonesia.

Mitsubishi Triton Terbaru

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana akan mengadirkan genarasi baru Triton tahun depan. Mobil pikap kabin ganda itu pertama kali menjalani debut publiknya di Thailand.

Secara desain, wajah baru yang merupakan gabungan antara Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Xpander tersebut telah sukses menyita penggemar otomotif. JPNN.com sendiri sudah pernah bersua dengan All New Triton di Malaysia.

Crossover Mitsubishi

Strategi Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tahun depan dengan fokus pada penetrasi pasar mobil di segmen SUV memunculkan spekulasi calon-calon mobil baru yang bakal dibawa.

Salah satu yang santer kemungkinan bakal hadir ialah jenis crossover yakni Mitsubishi Eclipse Cross. Pihak MMKSI sudah menyatakan bahwa mereka sedang melakukan studi untuk membawa Eclipse Cross ke Indonesia, apalagi crossover modern itu sudah mengasspal di sejumlah negara Asia.

Suzuki

Setelah ALL New Ertiga, calon mobil baru dari merek Suzuki memang masih sedikit informasi. Namun, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan akan ada beberapa model baru pada tahun depan.

Namun, kabar tipis terdengar bahwa Suzuki memiliki rencana pembaruan di segmen MPV boksi yakni kelas APV. Tapi lagi-lagi pihak SIS masih belum mau mengonfirmasi rumor pembaruan ini.(mg9/jpnn/ma)

Bagikan: