Kemenpan-RB Umumkan Formasi CASN 2018

Bagikan:
Dua dokter muda berjalan di RSU dr Pirngadi Medan.

MetroAsahan.com – Kabar gembira bagi masyarakat yang telah lama menanti untuk melamar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Setelah sejak 2015 lalu pemerintah melakukan moratorium penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali membuka penerimaan CASN.

Kamis (6/9), Kemenpan-RB rencananya akan mengedarkan formasi penerimaan CASN 2018 ke pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia. Sementara untuk formasi CASN pada kementerian telah diserahkan seminggu sebelumnya.

“Dalam waktu dekat, saya akan membantu mempersiapkan rekrutmen CASN untuk kabupaten/kota dan provinsi Sumatera Utara. Penerimaan ini untuk anggaran 2018,” kata Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan, English Nainggolan kepada wartawan, Selasa (4/9).

Disebutkannya, dalam penerimaan CASN tahun ini, semuanya masih pakai sistem Computer Assisment Test (CAT). Dengan sistem tersebut, maka peluang untuk curang lebih sedikit, karena tidak ada sistem tatap muka. Semua tes termasuk pendaftaran juga dilakukan secara online.

“Jadi semua kalau mau belajar dan giat ada peluangnya. Jadi memang CASN dari tahun ke tahun lebih kompetitif,” sebutnya.

Saat ditanya jumlah formasi untuk Sumut, English belum bisa menyebutkan secara rinci. “Yang pasti ada kouta untuk provinsi (Sumut) dan kabupaten/kota. Karena semua ‘kan ada tahapannya, jadi nanti bisa diketahui setelah formasi tersebut diserahkan,” katanya.

Sementara yang paling banyak dibutuhkan pada formasi CASN kali ini, ungkap English, yakni tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Di samping itu ada juga untuk tenaga di bidang infrastruktur atau teknik sipil.

“Harapan kita dari CASN ini dapat kualitas-kualitas sumber daya manusia yang baik. Dan ini juga dibuka karena banyak keluhan dari daerah kekurangan guru dan tenaga teknis lainnya,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Setdaprovsu, Kaiman Turnip mengatakan, pihaknya masih akan menunggu secara resmi formasi CASN 2018 untuk Sumut. “Setelah nanti diketahui berapa formasi yang dibutuhkan, tentu kita akan umumkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bagikan: