47 Desa di Asahan Akan Ikuti Pilkades Serentak

Share this:
Ilustrasi Pilkades

KISARAN, METROASAHAN.COM – Sebanyak 47 desa yang tersebar di 21 kecamatan se-Kabupaten Asahan akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan digelar Desember 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Asahan Syamsuddin menjelaskan untuk pelaksanaan Pilkades pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dimana jadwal pemilihan akan berlangsung pada Desember 2019 mendatang.

Demikian juga dengan pembentukan panitia di sejumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades, segera dibentuk.
“Minggu kemarin kami baru melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkades, memberitahukan kepada kepala desa dan masyarakat bahwa akan ada Pilkades. Rencananya pemungutan suara di Desember 2019, kalau tanggal belum ditetapkan,” kata Syamsuddin, saat diwawancarai wartawan, (5/8).

Ia mengatakan, Pilkades 2019 ini merupakan gelombang ke dua dari Pilkades pada tahun 2018 lalu yang sudah dilaksanakan. Sementara itu Pilkades berikutnya akan digelar pada tahun 2021 usai Pilkada.

“Kalau tahun ini 47 desa, sisanya kan ada yang tahun 2018 lalu. Lainnya bisa saja tahun 2021 atau kapan, saya nggak hapal juga periodesasi setiap desa di Asahan berbeda beda,” ujarnya.

Mantan sekretaris dewan ini juga menyebutkan anggaran dana untuk pelaksanaan Pilkades tahun ini sudah ditampung di APBD Kabupaten Asahan. “Sudah dianggarkan di APBD Asahan tahun 2019 untuk suksesi pelaksanaannya,” tandasnya. (per)

Share this: