856 Warga Binaan Dapat Remisi Idul Fitri, 2 Bebas

Share this:
Sebanyak 856 warga binaan mendapat remisi Idul Fitri 2019. (Muhammad Gani/Metro Asahan)

TANJUNGBALAI- Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen PAS Kemenkumham) memberikan remisi kepada 854 narapidana Kelas IIB Tanjungbalai pada Idul Fitri 1440 H. Sejumlah napi penerima remisi bahkan ada yang akan langsung menghirup udara bebas.

“Sebanyak 856 warga binaan yang terdiri dari 803 laki-laki dan 53 perempuan dan ada di antaranya akan langsung bebas, karena mendapat remisi khusus Idul Fitri,” ujar Kalapas Kelas IIB Tanjungbalai Janyanta AMd IP SH,baru-baru ini.
Jayanta juga menyampaikan 14 warga binaan mendapat remisi bebas. Tetapi dua di antara nya langsung bebas pada tanggal 5 Juni 2019 lalu.

“Dua orang langsung bebas tanggal 5 Juni lalu. Tetapi 12 orang lagi masih ada denda atau uang peganti pidana mereka yang bervariasi. Ada yang mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Hal itu tidak mungkin mereka bayar, jadi mereka akan menjalani masa kurungan lagi yang juga bervariasi. Ada yang harus menjalani kurungan tiga bulan, enam bulan masa kurungan,” jelasnya.

Sementara Rahmad (25) satu dari dua orang warga binaan yang langsung mendapat kebebasan saat di wawancarai wartawan mengungkapkan rasa kegembiraannya.

“Saya senang hari ini bisa berkumpul dengan keluarga di rumah. Aku tidak mau menjadi penghuni penjara lagi,” ujarnya. (CK-04)

Share this: