Menu

Danrem: Prajurit Harus Netral

Perdana Ramadhan
Danrem 022 Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi didampingi Wakil Bupati Asahan, Kapolres dan Dandim 0208 Asahan saat diwawancarai wartawan.

MetroAsahan.com – DANREM 022 Pantai Timur Kolonel Arm Khoirul Hadi mengingatkan kepada seluruh prajurit agar bersikap netral dalam Pilgubsu.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di jajaran Korem itu saat melaksanaan kunjungan ke Markas Kodim 0208 Asahan, Rabu (17/1).

Imbauan tersebut juga telah disampaikan sebelumnya oleh Panglima TNI dan sangat penting disosialisasikan kepada seluruh prajurit di wilayah tugasnya masing-masing, agar suasana kondusif tetap berjalan meski tensi politik pra pilkada semakin tinggi di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam menentukan sikap politik pada saat pilkada netralitas TNI, itu harga mati yang harus dijunjung tinggi. Dari dulu sejarah sudah membuktikannya dan tidak usah disangsikan lagi,” kata Danrem kepada wartawan usai bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asahan.

Ia kembali mengingatkan kepada prajurit TNI yang terlibat dalam salah satu paslon akan ada tindakan tegas baik berupa sangsi dan kode etik sebagaimana yang telah diatur.

“Sudah harga mati dan tidak bisa ditawar lagi, yang terlibat siap-siap. Sesuai dengan kode etik harus dikenai sangsi. Undang-undang juga telah mengatur itu,” katanya.

Sementara itu, untuk membantu situasi keamanan dan ketertiban nasional (Kamtibmas), Danrem juga mengatakan siap bersinergi dengan Polri di wilayahnya masing-masing dalam membantu terciptanya suasana aman dan damai jelang dan sesudah pelaksanaan Pilkada.

“Kesiapan pengamanan jelang pemilu kita siap untuk membantu tugas kepolisian dan akan kita back up membantu di daerah tugas masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Danrem bersilaturahmi dan beramah tamah kepada Forkopimda di tiga kabupaten/ kota. Di antaranya; Asahan, Tanjungbalai dan Batubara.

Turut hadir Wakil Bupati Asahan H Surya B Sc, Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setiadi Hartono dan Dandim 0208 Asahan Letkol ARM Suhono SE.

Senada dengan Danrem, Wakil Bupati Asahan H Surya juga mengatakan serupa bahwa ia melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terlibat langsung dalam mendukung salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut pada Pilkada.

“ASN harus netral sesuai peraturan perundang undangan yang ada. Tidak boleh terlibat dalam politik mendukung salah satu calon,” kata Surya. (per)

Loading...