Menu

22.329 KK di Asahan Terima Bantuan

Perdana Ramadhan
Wakil Bupati Asahan secara simbolis menyerahkan kartu keluarga sejahtera kepada masyarakat penerima manfaat.

Manfaatkan Bantuan Ini Untuk Pendidikan Anak

MetroAsahan.com, KISARAN – Pemkab Asahan melaunching atau meluncurkan Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) non-tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Dinas Sosial, Kamis (22/2).

Penyaluran bantuan sosial non – tunai Program Keluarga Harapan ini akan dilakukan sebanyak 4 tahap dalam kurun waktu 1 (satu) tahun. Sedikitnya, terdapat 22.329 jiwa masyarakat miskin di Kabupaten Asahan yang akan menerima bantuan pada tahap pertama ini dengan total dana sekitar Rp42 miliar untuk seluruh tahapan selama setahun.

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dalam sambutannya melalui wakil Bupati Asahan Surya mengatakan, bantuan sosial non – tunai program keluarga harapan ini dimaksudkan sebagai upaya membangun sistem sosial, untuk mengentaskan kemiskinan, memotong mata rantai kemiskinan yang terjadi selama ini.

“Inilah bentuk kepedulian dari Pemerintah Pusat. Program Keluarga Harapan ini tidak sama dengan bantuan langsung tunai atau bukan lanjutan dari program bantuan langsung tunai,” ujar Wabup.

Wabup menuturkan, penyaluran bantuan sosial non-tunai Program Keluarga Harapan ini sudah tepat sasaran. Untuk itu, Wabup mengharapkan, agar penambahan kuota dapat segera direalisasikan oleh Pemerintah Pusat. Sebab, ia memandang bantuan tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat miskin, khususnya di Kabupaten Asahan.

“Karena akses yang mudah jangan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan harian rumah tangga, tapi gunakanlah dana ini untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan sesuai dengan tujuan penyalurannya. Gunakanlah dana ini sebaik-baiknya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Asahan, Suprianto mengatakan program keluarga harapan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan bagi anak dan keluarga penerima manfaat sebagai kebutuhan dasar manusia dalam mewujudkan rakyat yang sejaktera.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan sembako kepada orang jompo dan bantuan kepada sejumlah anak berprestasi.
Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan Kemensos, Sekretaris Korpri Unit Nasional Kemensos RI Marsali SH, asissten II Pemkab Asahan Jhon Hardi Nasution dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah. (Per)

Loading...