Menu

Isak Tangis Iringi Pelepasan Calhaj

Perdana Ramadhan/Metro Asahan
Bupati Asahan dan warga melambaikan tangan melepas keberangkatan jamaah haji.

MetroAsahan.com, ASAHAN – Sebanyak 385 calon jamaah haji asal Kabupaten Asahan yang tergabung dalam kloter satu dan dua diberangkatkan ke Asrama Haji Medan sebelum akhirnya menuju Tanah Suci Makkah.

Isak tangis keluarga dan lantunan suara adzan mengiringi pelepasan keberangkatan para tamu Allah tersebut di kompleks Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Minggu (22/7).

Sebelumnya, kompleks gedung tahfidz Masjid Agung ini sudah dipadati oleh para jamaah dan pihak keluarga sejak pagi hari. Banyaknya warga yang ingin menyaksikan pelepasan keberangkatan dan berpamitan dengan para jamaah haji guna melaksanakan rukum Islam yang kelima.

Tepat pada pukul 14.00 WIB para calon jamaah haji diberangkatkan dengan menggunakan bus pariwisata diiringi lantunan adzan para jamaah langsung dilepas oleh Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang.

Di hadapan ratusan calon jamaah haji, Taufan menyebutkan, kepada seluruh Calon Jamaah Haji diharapkan berangkat dengan hati ikhlas serta yang lebih penting menjaga kesehatan. “Karena itu merupakan syarat untuk naik haji,” ungkapnya.

Taufan menerangkan, bahwa setiap rangkaian dalam ibadah haji harus dilakukan dengan ikhlas dan berserah diri kepada Allah saat menjalani ibadah haji.

“Tidak usah pikirkan yang tinggal di sini, yang penting luruskan niat berangkat haji semata karena panggilan Allah,” sebutnya.

Menurutnya, perjalanan haji merupakan perjalanan yang sakral dengan niat tulus dan ikhlas. Karena itu, perjalanan haji tersebut tidak akan ada yang menghalangi bilamana ada yang menghambat.

Sementara Kepala Kementerian Agama Kabupaten Asahan Hayatsah saat dikonfirmasi mengatakan, seluruh Calon Jamaah Haji Kabupaten Asahan diberangkatkan ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Kualanamu embarkasi Medan pada kloter 1 dan dua tanggal 23 Juli pukul 19.40 WIB dan direncanakan pada tanggal 3 September akan kembali ke tanah air.

Sementara itu, Calon Jamaah Haji tertua asal Kabupaten Asahan berusia 88 tahun bernama Nurhayati Kongah, warga kecamatan Air Joman. Dan, jamaah termuda berusia Rizki Nurlita Maylinda berusia 20 tahun berasal dari Kisaran Timur.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, rombongan jamaah haji tahun ini lebih banyak dibandingkan keberangkatan tahun lalu sebanyak 330 orang. Jamaah haji tahun 2018 ada sebanyak 388 orang jamaah perempuan mendominasi dibandingkan jemaah pria. (per/ma)

Loading...