Asahan Menuju Kabupaten Sehat 2020  

Bagikan:
Wakil Bupati Asahan saat memberikan pengarahan kepada kader Posyandu menuju Asahan Sehat 2020. (Perdana Ramadhan / Metro Asahan).

MetroAsahan.com, ASAHAN – Wakil Bupati Asahan H Surya B Sc mengimbau kepada seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk menyukseskan cita dan program Asahan Kabupaten Sehat 2020.

Hal itu ditegaskan Surya kepada  ribuan kader posyandu Kabupaten Asahan guna tercapainya harapan dan dukungan penghargaaan Swatisaba Padapa dalam mewujudkan kabupaten sehat.

Untuk mewujudkan hal tersebut diminta dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk peran besar para kader posyandu dalam menggerakkan masyarakat memenuhi dan pencapaian indikator di tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Asahan menjadi kbupaten sehat,” kata Wakil Bupati Asahan H Surya Bsc saat menutup acara jambore kader posyandu ke 9 di lapangan Hoki Kisaran, belum lama ini.

Surya menjelaskan jambore kader posyandu memiliki nilai yang sangat positif sekali, karena melalui kegiatan tersebut bisa memberikan pengetahuan yang lebih bagi para kader untuk bagaimana memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Kabupaten Asahan.

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.

“Jambore kader posyandu ini bertujuan meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, memberikan motivasi dan meningkatkan kapasitas para kader posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan serta lebih mempererat silaturahmi kebersamaan dan persatuan di antara sesama kader,” sebut Surya dihadapan ribuan kader posyandu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominikasi dan Informasi H Rahmad Hidayat Siregar kepada wartawan, Rabu (12/12) menjelaskan Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia.

Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

“Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan, hal ini telah diupayakan oleh Pemkab Asahan menuju Kabupaten Sehat 2020,” jelasnya. (per/ma)

Bagikan: