Kepala Desa di Asahan Harus Pandai Berinovasi

Bagikan:
Gubsu dan Wabup Asahan bersama sejumlah masyarakat penerima bantuan di Gor Kisaran (Perdana Ramadhan / Metro Asahan)

MetroAsahan.com, KISARAN – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melakukan serangkaian kerja di Kabupaten Asahan. Dalam kesempatan itu, mantan Pangkostrad TNI ini juga meninjau sejumlah fasilitas publik di kota Kisaran, serta bertatap muka dengan seluruh perangkat  desa di Kabupaten Asahan, Sabtu (12/1).

Menurut Edy, ia melihat Kabupaten Asahan dengan pusat pemerintahan yang berada di Kisaran sangat belum terimplemintasikan dengan status Asahan, dengan kabupaten/kota terkaya di Sumatera Utara.

“Sebelum saya memaparkan disini, saya telah melihat beberapa titik di Asahan ini khususnya Kisaran sebagai kotanya. Tidak sebanding dengan statusnya kabupaten/kota terkaya di Sumut dengan pembangunan yang ada,” ucap Edy.

Untuk itu, diapun mengimbau kepada perangkat desa yang ada agar bekerja, pandai berinovasi dan harus lebih peduli terhadap pembangunan. “Kenapa harus ada dana desa, karena di desa inilah ujung tombak pembangunan. Saya sudah banyak keliling daerah di Indonesia. Surabaya misalnya. Itu disana mereka bisa maju. Kenapa, karena kepala desa disana bekerja serius. Tak ada yang main main, sungguh sungguh membangun daerahnya,” ujarnya.

Untuk itu, Kabupaten Asahan Gubsu Edy meyakini bahwa Kabupaten Asahan dari geografisnya juga bisa seperti Kota Surabaya, asalkan pemerintah dan masayarakatnya mau dan tidak main-main. Diperlukan keseriusan yang dimulai dari pemerintah desanya.

“Kota tidak akan tertata jika pembangunan dan penataannya tidak dimulai dari desa. Oleh karenanya, Presiden RI memberikan dana desa. Tugas pemerintah desa harus benar-benar dalam pengelolaannya,” kata Edy.

Kendati demikian, Edy tetap optimis, Sumatera Utara di bawah kepemimpinannya bisa berbenah menjadi daerah yang maju dan bermartabat tak terkecuali di Kabupaten Asahan sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak potensi kekayaan dan hasil alamnya.

Sebelumnya, di hari yang sama, Edy meresmikan pembangunan dan penggunaan kolam renang milik Pemkab Asahan dengan taraf standard nasional. Peresmian ini dihadiri Wakil Bupati Asahan, Dandim 0208/AS, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, OPD, camat, KONI, dan sejumlah pengurus Cabor di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam laporannya yang disampaikan Wakil Bupati Asahan Surya BSc, menyampaikan bahwa bangunan kolam renang berdiri di atas lahan seluas 5 ha. Untuk bangunan kolam renang sendiri menggunakan lahan sekitar 2 ha, sementara untuk sisa lahan lainnya Pemerintah Kabupaten Asahan di bawah kepemimpinan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dan H Surya BSc merencanakan membangun kolam loncat Indah, rekreasi, gedung olahraga dan fasilitas umum lainnya. Lebih lanjut disampaikan, kedalaman kolam renang berkisar dari 1,6 hingga 2,7 meter sesuai dengan taraf nasional. Pemkab Asahan telah menjadwalkan penggunaan pemakaian kolam renang antara laki-laki dan perempuan pada hari yang berbeda.

Sebelum menandatangani prasasti peresmian kolam renang, Gubsu H Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Asahan yang telah memfasilitasi perkembangan dan kemajuan olahraga di Provinsi Sumatera Utara khususnya di Asahan.

Gubsu berjanji akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Asahan menuju Sumatera Utara yang bermartabat. Edy juga berharap ke depan akan lahir perenang yang handal di Asahan yang nantinya juga akan mengharumkan nama Sumatera Utara di Kancah Nasional maupun internasional. (per/ahu/ma)

Bagikan: