518 Mahasiswa UNA Ikuti KKN

Bagikan:
Dosen UNA saat memberikan pembekalan dan panduan terhadap mahasiswa yang mengikuti KKN. (Bayu Sahputra/Metro Asahan)

MetroAsahan.com, ASAHAN – Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan pembekalan terhadap mahasiswa yang menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampus UNA, Kamis (31/1).

Ketua Panitia pelaksanaan KKN Ir H Ansoruddin Harahap menjelaskan, peserta KKN diikuti 518 mahasiswa/i UNA yang terdiri dari lima fakultas yakni Fakultas Tehnik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas

Hukum dan FKIP. Semuanya itu terdiri dari 11 program studi.

“Untuk daerah yang menjadi zona KKN sudah ditentukan. Yakni Kabupaten Batu Bara dan Simalungun, yang terdiri dari 38 desa dalam dua kecamatan,” jelas Asoruddin.

“KKN akan berlangsung selama satu bulan dari tanggal 4 Februari higga 4 Maret,” tambahnya.

Rektor UNA Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengatakan, para peserta KKN dibekali buku pedoman dari kampus.

“Buku pedoman KKN tematik dan terpadu disusun sebagai panduan dan acuan peserta KKN dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pembuatan laporan kegiatan KKN,” ujarnya.

Adapun tujuan KKN yang dilaksanakan seiring pesatnya perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi dampak perubahan dan perkembangan budaya di masyarakat, terutama setelah memasuki era globalisasi dan era perdagangan bebas.

“Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, tangguh, dan profesional. Salah satu penghasil SDM tersebut diharapkan dari produk atau lulusan perguruan tinggi, dan UNA adalah termasuk salah satunya,” sambungnya.

Agar dapat menghasilkan SDM yang sesuai dengan harapan tersebut, maka salah satu upayanya adalah melalui KKN yang merupakan salah satu dharma perguruan tinggi sebagai ajang proses pembelajaran bagi masyarakat dan penelitian.

“Mudah-mudahan buku pedoman ini dapat bermanfaat,” sebutnya.

Sri Rahayu, salah satu mahasiswi UNA FKIP yang ikut KKN mengucapkan terimakasih kepada pihak kampus karena telah memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan KKN, untuk untuk memperdalam pengalaman dan pengetahuan di lapangan khusus ditengah-tengah masyarakat.

“Kami sangat termotivasi. Terimakasih kepada pihak kampus yang sudah membuat kegiatan ini,” ucapnya. (bay/ma)

Bagikan: