Yuk, Belajar Komputer dan Internet, Gratis…

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com, RANTAU – Dinas Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu terus melakukan terobosan dan inovasi untuk mencerdaskan masyarakat dan anak bangsa di Bumi Ikabina En Pabolo itu.

Berbagai program dan kegiatan dilaksanakan seperti kelas belajar komputer dan internet yang berlangsung di lantai II. Tidak dipungut biaya. Alias gratis.

Tujuan pelatihan les komputer gratis ini, agar para mahasiswa/i dan siswa/i atau para peserta kursus pelatihan dapat mengoperasikan sistem IT untuk membaca buku atau aplikasi secara online. Karena perpustakaan ini sudah memakai aplikasi perpustakaan digital yang lebih dikenal dengan e-Book.

“Para pengguna tidak seluruhnya lagi menggunakan buku konvensional. Tapi dengan membuka aplikasi digital kita dapat mempergunakan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Labuhanbatu,” kata Kadis Pendidikan H Leo Sunarta Marpaung.

Pelatihan komputer dan internet yang dilaksanakan yaitu Microsoft office dan Excel.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah salah satu terobosan dari program Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Dimana program ini adalah bagaimana meningkatkan taraf hidup dan taraf pendidikan masyarakat dengan membaca atau dengan mempergunakan akses perpustakaan.

“Salah satu yang kami laksanakan adalah belajar komputer microsoft office dan excel yang diberikan kepada para mahasiswa, SMA/SMK yang sedang melaksanakan praktek kerja lapangan dan beberapa orang tenaga-tenaga pelayanan perpustakaan,” terangnya.

Adapun sebagai tenaga pengajar adalah para pegawai Dinas Perpustakaan. Mereka melaksanakannya dengan sukarela.

Kegiatan ini merupakan angkatan ke-III. Dimana pada angkatan I dan II pesertanya adalah masyarakat dari TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang sudah dilaksanakan pada November dan Desember tahun lalu.

Salah seorang peserta Dewi Astuti (21) Mahasiswi ULB Semester IV yang beralamat di Pulau Padang Kecamatan Rantau Utara mengucapkan terimakasih atas program Dinas Pendidikan.

“INi baru masuk akal. Saya baru ini ikut. Setelah saya ikuti ternyata pelajarannya nyambung dan kita lebih bisa fokus dengan pelajaran yang diajarkan oleh tenaga pengajar. Saya mengikuti semua peraturan-peraturan yang ada di les komputer ini,” ujar Dewi.

Dewi mengaku senang. Apalagi dirinya sama sekali belum paham soal komputer.

“Karena saya mahasiswi di ULB, saya belum paham tentang komputer. Makanya saya ikut les/ belajar komputer di sini. Mumpung gratis,” ujarnya.

Adapun jadwal les komputer gratis ini adalah sejak pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB setiap hari jam kerja.

Dewi berharap Dinas Perpustakaan dapat terus berpacu dalam menciptakan inovasi-inovasi dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi para generasi muda. (nik/ma)

Bagikan: