Banyak Luka, Lumba-lumba Diberi Vitamin & Antibiotik

Bagikan:
Seekor lumba lumba tersesat yang berhasil dievakuasi sebelum dikembalikan ke habitatnya. (Perdana Ramadhan / Metro Asahan).

MetroAsahan.com, ASAHAN – Satu dari dua ekor lumba lumba yang sebelumnya tersesat di Sungai Kualuh Labuhanbatu Utara (Labura) dan menjadi viral di Sosial Media akhirnya diselamatkan dan kembali ke habitatnya, di Dermaga Panton Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Kamis (31/1) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Lumba lumba lumba berjenis kelamin jantan itu dapat diselamatkan setelah tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut bersama Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikatan Tanjungbalai – Asahan berhasil menangkapnya setelah sebelumnya seekor lumba lumba lainnya berjenis kelamin betina ditemukan tewas di sungai sehari sebelumnya.

“Satu sudah kita selamatkan. Karena dua ekor lumba lumba ini sebelumnya kita duga tersesat dari perairan selat Malaka hingga sampai ke sungai Kualuh,” kata Dede Tanjung, petugas pendali ekosistem hutan dari BKSDA Sumut saat dikonfirmasi wartawan di Dermaga Panton Bagan Asahan.

Ketika ditanya apa yang menyebabkan sepasang lumba lumba berjenis kelamin jantan dan betina itu tersesat, Dede mengungkapkan banyak alasannya. Namun yang paling memungkinkan mereka bisa saja menghindar dari predator pemangsa atau mencari tempat tenang untuk kawin.

“Banyak kemungkinan yang menyebabkan dua ekor lumba lumba ini tersesat. Salah satunya bisa jadi mereka cari tempat untuk kawin atau lari dari kejaran predator yang memangsanya,” ujarnya.

Tim BKSDA dan Satker PSDKP yang sebelumnya berhasil menangkap lumba lumba ini lalu memindahkannya ke dalam wadah yang diberi cairan khusus untuk vitamin dan antibiotik agar bertahan hidup sebelum dilepas ke laut. Dalam evakuasi ini mereka juga melibatkan tenaga ahli hewan hingga lumba lumba bisa tenang saat dievakuasi.

“Di dalam tubuhnya banyak kita temukan luka. Tapi tadi kita sudah kordinasi dengan dokter hewan di Labura untuk diberikan vitamin dan antibiotik agar dia tetap bisa selamat sebelum dilepas ke habitatnya,” ujarnya lagi.

Pelepasan lumba lumba yang videonya sempat membuat heboh warga net ini mendapatkan perhatian dan antusias dari masyarakat sekitar. Warga senang akhirnya hewan lucu ini bisa diselamatkan meski penanganannya agak lamban hingga seekor diantaranya harus mati. (per/ma)

Bagikan: