RSUD Rantauprapat Siap Merawat Caleg Stres

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com, RANTAU – Pihak RSUD Rantauprapat siap jika kemungkinan terjadi penumpukan pasien depresi yang berkaitan dengan Pemilu 2019 mendatang.

Apalagi, rumah sakit pemerintah tersebut telah memiliki Ruang Rawat Inap Psikiatri yang mampu menampung hingga 20 pasien beserta fasilitasnya.

Humas RSUD Rantauprapat Doni Simamora, Sabtu (9/2/2019) mengatakan, saat ini, rumah sakit itu memiliki satu orang tenaga spesialis. Setiap ruangan berisi lima tempat tidur dengan pintu jeruji besi serta diperkuat rantai dan gembok.

“Jìka ada pasien baru yang keadaannya masih dalam kategori amuk, memungkinkan diisolasi di ruangan sendiri dan tidak tertutup kemungkinan digembok,” paparnya.

Ditanya, apakah memungkinkan nantinya akan ada pasien gangguan kejiwaan yang disebabkan gagal meraih kursi legislatif khususnya di Labuhanbatu, Doni masih ragu memastikannya.

Apalagi lanjut Doni, melihat pengalaman Pemilu sebelumnya, RSUD Rantauprapat sama sekali tidak ada menerima maupun menangani pasien gangguan kejiwaan yang disebabkan gagal mencaleg.

“Pengalaman yang lalu, tidak ada. Apakah karena rasa malu atau memang tidak berdampak, kita juga tidak tahu. Pastinya RSUD siap untuk itu. Jika melebihi jumlah kemampuan sesuai fasilitas, kita rujuk pasiennya,” sebutnya.

563 Caleg Tidak Kebagian Kursi

Sementara data dihimpun, sebanyak 608 warga Kabupaten Labuhanbatu ikut pesta demokrasi Calon Legislatif (Caleg) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Dari jumlah 16 partai yang ikut pada Pemilu tahun ini, dapat dipastikan 563 Caleg tidak akan mendapatkan jatah kursi sesuai yang ditetapkan sebanyak 45 orang untuk DPRD Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Sabtu (9/2/2019) menegaskan, jumlah anggota DPRD yang ditetapkan sesuai dengan 7 kriteria, yakni hanya 45 kursi.

“Ya, anggota DPRD Labuhanbatu yang akan ditetapkan hasil Pemilu mendatang, sebanyak 45 orang,” ujarnya.

Sementara, akunya, dari keseluruhan 16 partai politik yang ikut Pemilu kali ini dan telah menjalani tahapan, mengirimkan kontestannya keseluruhan 608 Caleg.

Lebih jauh dipaparkan Wahyudi, sebaran kesemua Caleg tersebut, terbagi dari 5 wilayah Daerah Pemilihan (Dapil).

Untuk Dapil 1 meliputi Kecamatan Bilah Barat dan Rantau Selatan sebanyak 10 kursi dengan 138 Caleg, Dapil 2 Kecamatan Rantau Utara sebanyak 9 kursi dengan 132 Caleg.

Selanjutnya, Dapil 3 Kecamatan Bilah Hilir dan Panai Hulu sebanyak 9 kursi dengan 118 Caleg, Dapil 4 Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir sebanyak 7 kursi dengan 93 Caleg.

Sedangkan untuk Dapil 5 meliputi Kecamatan Bilah Hulu dan Pangkatan sebanyak 10 kursi dengan jumlah Caleg 127 orang. (nik/ma)

Bagikan: