Lapor Pak Bupati, Portal Besi Roboh Belum Diperbaiki

Bagikan:
Portal besi yang roboh di Desa Pinang Gripan Kecamatan Air Batu belum didirikan kembali, dikhawatirkan besinya akan dijual. (Zainal Arifin / Metro Asahan).

MetroAsahan.com, ASAHAN – Portal pengontrol jalan hotmix yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Asahan TA 2017, di Desa Pinang Gripan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, diduga dirobohkan oknum tak dikenal sejak beberapa pekan terakhir. Ironisnya, belum ada pejabat terkait yang mau mendirikan kembali portal tersebut.

“Udah ada beberapa minggu ini (portal) tumbang belum ditegakkan lagi. Kalau tak diperbaiki nanti khawatir besinya bisa dijual orang. Semoga pesan ini sampai ke Pak bupati ” kata Anto (45) warga Desa Pinang Gripan kepada wartawan, Sabtu (9/2).

Pantauan wartawan, portal jalan yang terbuat dari besi itu merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan, dalam upaya menyelamatkan jalan dari masuknya truk bertonese tinggi melintasi jalan desa, terutama jalan yang telah dihotmix .

Sejumlah pemilik truk diduga merobohkan portal itu untuk memudahkan tranportasi jasanya mengangkut material bangunan dan hasil pertanian sawit warga, juga tidak menutup kemungkinan campur tangan perusahaan perkebunan (BUMN ) yang lahannya berada di kawasan pembangunan jalan, yang usai dihotmix berbiaya puluhan miliar rupiah itu.

“Bisa jadi dirobohkan sama perusahaan kebun sawit karena terganggu kepentingannya saat melintasi jalan ini yang sudah di hotmix,” ujarnya. Warga juga menambahkan, tak ada yang mau bertanggung jawab  dan mengetahui siapa pelaku perobohan portal itu. Baik pemeritah desa, kecamatan hingga kabupaten, belum ada yang berinisiatif untuk mendirikannya kembali.

Sementara, Camat Air Batu Abdul Rauf Fadilah saat dimintai tanggapannya terkait ini mengaku, telah melaporkan situasi itu ke kabupaten untuk diperbaiki. “Udah kita laporkan itu ke Pemkab. Mungkin dalam waktu dekat akan diperbaiki,” tandasnya. (zar/per/ahu/ma)

Bagikan: