Asahan Daerah Pertama di Sumut Ikut Program Kabupaten Sehat

Bagikan:
Wakil Bupati Asahan saat menerima kunjungan tim verifikasi kabupaten sehat Provinsi Sumatera Utara. (Perdana Ramadhan/Metro Asahan).

MetroAsahan.com, KISARAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Tim Pembina dan Verifikasi Kabupaten Sehat Provsu  mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Asahan yang pertama kali mengikuti program Kabupaten Sehat 2019, dari kabupaten/kota yang ada.

Hal ini disampaikan Rusdin SKM.MSi kepada Wakil Bupati Asahan H Surya B Sc, dan Sekretaris Daerah Taufik ZA di hadapan Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Asahan dan Ketua TP PKK Hj Winda Fitrika, dalam kunjungannya di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (8/2).

Dalam sambutannya, Rusdin mengatakan, sangat mengapresiasi Pemkab Asahan yang telah ikut dalam Program Kabupaten Sehat dan menjadi urutan pertama dalam mengikuti Program Kabupaten Sehat Tahun 2019 tingkat Propinsi Sumatera Utara.

Untuk pencapaian dan terwujudnya kabupaten sehat, menurut Rusdi, semua itu dibutuhkan beberapa kriteria antara lain, agar terjalinnya sinergitas antara forum kabupaten sehat dengan pembina, dan merangkul semua elemen masyarakat serta melengkapi dokumen-dokumen yang mendukung kegiatan tersebut.

Bupati Asahan Drs.Taupan Gama Simatupang MAP dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan H.Surya Bsc menjelaskan, sesuai Peraturan Bersama Mendagri, dan Peraturan Bersama Menkes Nomor 35 Tahun 2005 dan Menkes No.1138/Menkes/PB/XIII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan kabupaten/kota sehat, bahwa dalam peraturan bersama ini adalah suatu kondisi dengan bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni oleh penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya aplikasi berbagai tatanan dan kegiatan.

“Pemkab Asahan sendiri telah membentuk Tim Pembina Kabupaten Sehat sesuai dengan SK pembentukan No:240/Dinkes/2017 yang ditanda tangani pada tanggal 27 Januari 2017, dengan tujuan memenuhi lingkungan hidup yang sehat, baik fisik maupun sosial,” jelas Surya.

Kabupaten Asahan telah meraih predikat dua tatanan sehat yaitu, yang mencakup pemukiman dan sarana prasarana sehat, serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Asahan yaitu menciptakan masyarakat Asahan yang religius, sehat, cerdas, dan mandiri. Bahkan apabila semua kriteria dapat terpenuhi, Kabupaten Asahan akan mendapat penghargaan Swasti Saba Tingkat Padapa,” beber Surya.(per/ahu/ma)

Bagikan: