Tabung Gas Saya Lempar ke Air, Ternyata Meledak

Bagikan:
Warga terlihat berusaha memadamkan api di rumah makan Rani Minang yang terbakar. (Sofyan Butarbutar / Metro Asahan).

Rumah Makan Minang Ludes, 1 Korban Luka Bakar

Metroasahan.Com, ASAHAN-Warga Mekar Sari, Kabupaten Asahan dihebohkan dengan bunyi ledakan keras diduga berasal dari elpiji yang meledak dari rumah makan Rani Minang, persisnya di Jalan Lintas Sumatera Sei Piring. Akibatnya, pemilik rumah makan, mengalami luka bakar.

Informasi yang diperoleh, tak lama bunyi ledakan keras itu terdengar, api kemudian dengan cepat berkobar dari dapur  rumah makan milik Edi Rasyid Sikumbang (52) hingga membuat warga panik dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tak lama kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Asahan tiba di lokasi.

Kapolsek Pulau Raja AKP M.T Aritonang melalui Kanit Reskrim Iptu M Simamora kepada wartawan menjelaskan, menurut keterangan saksi, peristiwa yang terjadi Sabtu (27/10) sekira pukul 12.30 Wib itu, api memang berasal dari ledakan tabung elpiji di dapur rumah makan tersebut. Kemudian merembet ke tiga bangunan di sebelahnya.

“Diduga tabung kompor gas yang mau dipakai memasak bocor dan terjadi ledakan. Ada tiga rumah yang bertetangga dengan korban, termasuk rumah korban ikut terbakar. Sementara itu, korban Edi Rasyid Sikumbang yang pertama kali menyalakan kompor mengalami luka bakar,” jelas Kanit.
Beruntung, mobil pemadam kebakaran dan dibantu warga setempat berhasil menjinakkan si jago merah. Namun, 3 bangunan yakni rumah makan Rani Minang, kedai grosir milik Nanang dan rumah kosong yang kesemuanya rumah kontrakan milik H. Ruslan Panjaitan ludes terbakar beserta isinya.
Edi Rasyid (52) pemilik rumah makan Rani Minang yang ditemui warawan di rumah sakit Harapan Kita Desa Mekar Sari menceritakan, ledakan berawal saat ia menyalakan kompor untuk memasak. Namun, tiba-tiba tabung LPG 3 Kg tersebut bocor serta mengeluarkan api.

“Tabung gas saya bawa keluar samping rumah. Di situ ada parit. Karena tidak ada airnya, lalu saya lempar ke dalam bak air, ternyata meledak dan menimbulkan api lebih besar dan menyambar diding dapur hingga ke bangunan lainnya,” ungkap Edi Rasyid mengalami luka bakar dibahagian tangan dan kaki.

Dalam kejadian kebakaran tersebut, tidak terdapat korban jiwa, kecuali Edi Rasyid yang mengalami luka bakar akibat tersambar api dari tabung gas. Diperkirakan jumlah kerugian yang diderita korban maupun pemilik rumah kontrakan tersebut mencapai ratusan juta rupiah. (Sof/Per)

 

Bagikan: