Menu

Pemilih Ganda di Asahan 3 Ribu Lebih

Mariadi/Metro Asahan
Ramlah H Siagian, komisioner KPU Asahan divisi perencanaan data.

MetroAsahan.com, KISARAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Asahan telah menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) sebanyak 503.263 pemilih. Dari data tersebut, ternyata terdapat pemilih ganda sebanyak 3.828 pemilih dengan berbagai alasan.

Komisioner KPU Asahan divisi perencanaan data, Ramlan H Siagian saat berbincang dengan Metro Asahan membenarkan hal tersebut. Menurutnya saat ini pihaknya sudah menghapus jumlah pemilih ganda dikarenakan berbagai faktol dan alasan.

“Ada penghapusan pemilih dari jumlah 503.263 DPSHP dikarenakan data ganda terdapat 3.828 pemilih, dan itu sudah dilakukan perbaikan,” ujar Ramlan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (17/9).

Menurut Ramlan, adapun yang menjadi penyebab terjadinya data ganda tersebut dikarenakan beberapa faktor, diantaranya meninggal dunia, pindah alamat, sampai berubah status kependudukan misalnya dari TNI / Polri yang sudah pensiun bisa tercatat sebagai pemilih.

Penghapusan tersebut kata Ramlan, sudah dilakukan oleh KPU Asahan sepekan yang lalu, atau pada tangal 13 September kemarin, sehingga ditetapkan DPT hasil perbaikan sebanyak 499.361 pemilih.

“Tetapi data tersebut dapat berubah, bisa bertambah atau berkurang. Contoh ada pemilih baru,” ujarnya.

Kemudian, Ramlan melanjutkan, adapun yang menjadi kendala dan alasannya DPT dapat terinput ganda saat ini sudah dilakukan pemekaran TPS di Kabupaten Asahan kemudian aturan zona lokasi pindah alamat.

“Saat ini kami tetap masih memperbaharui dan melakukan perbaikan terhadap data pemilih jilid dua yang masih dilakukan perbaikannya sampai tanggal 6 Oktober mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, KPU Asahan juga mengimbau kepada masyarakat agar segera mengurus kartu identitas kependudukan e KTP. Karena dalam aturan Pemilu 2019 pemilih hanya boleh memilih jika memiliki KTP elektronik dan tidak berlaku lagi surat keterangan (suket).

“Kami selalu berkordinasi dan mengingatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Asahan untuk melayani semua masyarakat kita yang membutuhkan KTP karena kalau tidak memiliki KTP tidak dapat menggunakan hak politiknya,” ujarnya. (mar/ma)

Loading...