Menu

Warna Plat Kendaraan Bakal Jadi Putih

Sutan Siregar/SUMUT POS
Ratusan kendaraan melintas di Jalan Balai Kota Medan. Rencananya plat kendaraan di Indonesia akan ganti warna nya menjadi putih.

MetroAsahan.com, Plat kendaraan bermotor direncanakan berganti warna pada 2019 nanti. Warna plat kendaraan bermotor yang awalnya hitam, akan berganti putih. Wacana ini sebenarnya sudah mengemuka sejak beberapa bulan lalu. Karenanya, di Sumut, masih menunggu petunjuk Korps Lalulintas (Korlantas) Mabes Polri.

Menyikapi hal itu, Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol Agus Susanto yang ditanyai hal ini mengaku tidak bisa berkomentar banyak. Menurutnya, itu merupakan kewenangan dari Mabes Polri. Pihaknya hanya menerima arahan.

“Kan masih wacana. Kalau masih wacana saya gak bisa komentar banyak Kita tunggu sajalah bagaimana ke depan, apakah jadi atau tidak dibuat begitu,” ungkapnya.

Ia menyebut, bila memang nanti wacana itu resmi diberlakukan di 2019, tentunya Direktorat Lalulintas Polda Sumut akan melakukan persiapan. Kemudian lagi, untuk menuju ke sana perlu infrastruktur yang memadai.

“Pada dasarnya kami akan mendukung, tapi tunggu perintah pusat. Kalau jadi dibuat begitu, perlu persiapan yang matang. Infrastrukturnya juga harus disiapkan untuk itu. Makanya saya bilang tadi, kalau sekarang ini saya tidak bisa komentar, apalagi itu rencana kerja Mabes Polri,” kata dia.

Seperti diketahui, wacana ini dicetuskan Kepala Korps Lalulintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa untuk di 2019. Tujuannya, agar plat itu mudah terbaca oleh kamera pengintai alias CCTV. Sebab, ke depannya sistem tilang dan lain sebagainya akan menggunakan CCTV atau sesuai dengan penegakan electronic law enforcement.

Kakorlantas Irjen Royke Lumowa pernah mengatakan bahwa kemungkinan warna dasar diganti putih seperti di negara-negara lain.Tetapi belum diputuskan mengingat masih butuh banyak persiapan secara teknis maupun non teknis.

Sementara menurut Brigjen Halim Pagarra Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri sudah sampai tahap revisi aturan serta diskusi bersama dengan pemangku kepentingan terkait.

Sekarang ini warna pelat mobil yang ada di Indonesia terdiri dari beberapa, yaitu hitam untuk mobil pribadi, kuning angkutan umum, dan merah kendaraan dinas milik pemerintah. Sementara warna dasar putih sudah digunakan kendaraan diplomat. (dvs/ila/smg/ma)

Loading...