Tiga Kapal Pukat Grandong Diamankan

Bagikan:
Ilustrasi

MetroAsahan.com, BATUBARA – Tiga kapal pukat gerandong yang tengah mengambil ikan di Perairan Tanjung Tiram, Batubara diamankan personel Polres Batubara, Senin (17/12).

Turut diamanakan 7 orang anak buah kapal (ABK) serta alat tangkap dan ikan hasil tangkapan ketiga kapal tersebut.

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan nelayan setempat yang mengeluhkan adanya kapal pukat gerandong yang kerap mengambil ikan di kawasan Perairan Tanjung Tiram.

Mendapat laporan itu, tim yang baru usai melaksanakan apel gabungan langsung bergerak untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan boat.

“Sekitar 1,5 mil memutari Perairan Tanjung Tiram, tim gabungan yang terdiri dari Polri,TNI, Dinas Perikanan dan Kelautan serta UPP KPLP Tanjung Tiram, melihat tiga kapal tersebut sedang beroperasi,” ungkap Robin yang memimpin operasi penangkapan.

Tim kemudian langsung mengejar hingga menangkap tiga kapal itu

“Saat ditangkap, mereka sedang melakukan penangkapan ikan di zona terlarang sehingga kita langsung mengamankan kapal, alat tangkap dan ikan hasil tangkapan beserta 7 ABK,” sebut Robin.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap kapal-kapal penangkap ikan seperti pukat gerandong, pukat harimau dan lainnya, yang telah di larang oleh undang-undang.

“Mereka yang diamankan saat ini masih dalam pemeriksaan penyidik untuk proses hukum lebih lanjut,” tukasnya. (fir/pojoksumut/ma)

Bagikan: