Menu

Peredaran Narkoba Dikendalikan dari Rutan Kotapinang

Bangun Hasibuan/Metro Asahan
Barang bukti berupa sabu seberat 457,16 gram diamankan di Mapolres Labuhanbatu.

MetroAsahan.com, LABUSEL – Polres Labuhanbatu membongkar sindikat peredaran Narkoba  yang dikendalikan dari dalam Rutan Cabang Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Empat tersangka diamankan dari tiga lokasi berbeda. Salahsatunya pegawai Rutan Kota Pinang. Keempat pelaku yakni SAP, LAH, GRS dan MY. Barang bukti berupa 457,16 gram sabu berhasil diamankan.

“Tersangkanya ada empat dengan peran masing-masing. Salah satunya petugas Rutan Kotapinang,” ujar Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH SIK melalui Kasat Narkoba AKP Sastrawan Tarigan SH, Minggu (5/8).

Terbongkarnya sindikat ini bermula dari penangkapan seorang wanita berinisial ‘LAH’ di Jalan Sukarno-Hatta, Gang Masjid Kelurahan Siringoringo, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (26/7) sekira pukul 20.00 WIB.

Petugas melakukan pengembangan. LAH mengakui bahwa barang bukti berupa 3 bungkus kecil sabu seberat 0,72 gram didapatnya dari adiknya, seorang narapidana yang berada di cabang Rumah Tahanan (Rutan) Kotapinang bernama MG alias Black.

Bukan hanya informasi itu saja, tersangka LAH juga mengakui bahwa dia pernah diperintahkan untuk mengantarkan sabu-sabu seberat 50 gram kepada petugas Lapas berinisial SAP alias Purba.

Ternyata, informasi ini valid. Hal itu dibuktikan dengan koordinasi bersama pihak Rutan. Tersangka SAP alias Purba langsung diamankan dengan barang bukti 50 gram sabu di Lapas setempat.

Langsung saja, Kasat Narkoba AKP Sastrawan Tarigan SH bersama Team Anti Narkoba Polres Labuhanbatu menjemput tersangka dan Black ke komando.

“Kita periksa keduanya dan dikembangkan lagi, dari tersangka ada nama lain yakni berinisial ‘R’ warga Kecamatan Pangkatan, langsung kita buru,” tegas AKP Sastrawan Tarigan.

Namun sayang, ketika proses penggrebekan yang disaksikan Kepala Lingkungan setempat tersebut, pelaku ‘R’ tidak ditemukan. Hanya saja, di rumah itu ditemukan orang lain berinisial ‘MY’ beserta keluarganya.

Tanpa fikir panjang, Tim langsung melakukan penggeledahan di rumah itu dan menemukan 10 bungkus besar sabu di belakang lemari pakaian.

“MY adalah saudara kandung R. Dia dan isterinya kita amankan untuk dimintai keterangan sebagai proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kasat. (bh/ma)

Loading...