Natal Oikumene di Labusel Kolekte Disumbangkan Buat Korban Tsunami Selat Sunda

Bagikan:
Bupati Labusel bersama para pejabat foto bersama usai diberikan ulos pada perayaan Natal Oikumene. (F/Ist/ Metro Asahan)

MetroAsahan.com, LABUSEL – Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) berlangsung hikmat dan sukacita. Acara ini dihadiri 2000 umat Kristiani dan unsur pimpinan daerah (Uspida), Jumat (28/12) di Aula Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK) Kotapinang.

Kolekte perayaan Natal Oikumene kali ini disumbangkan untuk korban tsunami Selat Sunda.

Perayaan Natal diisi liturgi yang dibawakan dengan pragmen oleh muda-mudi HKBP Kotapinang. Acara juga dimeriahkan artis ibukota, Senada Sister dan Yohanes Sitepu.

Perayaan Natal dihadiri Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung, Wakil Bupati Kholil Jupri Harahap dan unsur pimpinan daerah (Uspida) seperti Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, juga Sekda Zulkifli dan para staf ahli bupati, para asisten dan kepala-kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Wildan Tanjung mengapresiasi perayaan Natal tersebut. Termasuk kekompakan umat Kristiani yang turut menjaga kerukunan antar umat beragama di daerah itu.

“Pemerintah Labusel menjamin terlaksananya kegiatan keagamaan di Labusel ini tanpa pandang bulu. Kami berharap kiranya umat Kristiani turut serta dalam pembangunan Labusel dan menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019,” sebutnya.

Ketua BKAG Marselinus Karokaro pada kesempatan itu, mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Labusel yang dipimpin Wildan Aswan Tanjung kepada BKAG dan umat kristiani, di mana pada anggaran tahun 2018, pengurus BKAG mendapat jas seragam.

Dia juga meminta Pemkab Labusel menempatkan Guru Agama Kristen di setiap SD Negeri yang siswa-siswinya ada beragama Kristen.

Pada kesempatan itu, Bupati berjanji untuk memfasilitasi Guru Agama Kristen di SDN. Ia kemudian menginstruksikan Kadis Pendidikan mendata agar diperoleh berapa kebutuhannya.

Sementara Ketua DPRD Labusel diwakili Ramot Marbun ST menyampaikan, Hari Natal merupakan peristiwa suci bagi umat Kristiani di dunia, dan merupakan kebahagiaan dan sukacita.

“Kiranya dengan perayaan Natal ini menjadi momentum untuk melaksanakan kebaikan-kebaikan bagi semua orang dengan bijaksana. DPRD sangat mendukung perayaan Natal dan seluruh kegiatan keagamaan di Labusel,” ujarnya.

Ketua panitia Dozen Hutapea kemudian melaporkan perayaan Natal Oikumene yang dihadiri 2000 umat dari berbagai gereja, seperti Katolik, HKBP, HKI, GKPI, GMI, Gereja Pentakosta (PGPI), Bethel, JKI dan lainnya, yang didukung Pemkab Labusel bersama BKAG, PGID, PGPI dan Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI).

Perayaan Natal ini terlaksana atas dukungan semua pihak, Pemkab Labusel dan juga melalui anggaran dari APBD, bantuan donatur antara lain PT Bank Sumut, PT Nubika Jaya, KMSA Mampang, PT Supra Matra Abadi Teluk Panji, PT Tolan Tiga Indonesia Parlabian dan lainnya.

“Kami panitia menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Labusel, Bupati Labusel dan unsur pimpinan daerah, para pimpinan perusahaan yang membantu dengan materil dalam pelaksanaan Natal Oikumene ini. Kami masyarakat, panitia Natal Oikumene dan saya pribadi pada kesempatan ini mengucapkan selamat ulang tahun ke-45 kepada Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung, yang berulang tahun hari ini,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu hadir juga Pdt Dr Jasmen Nainggolan MTh, sebagai pengkotbah.

“Yang terpenting dari semuanya adalah hikmat. Hikmat yang Tuhan berikan kepada setiap umat,” ujarnya.

Usai ibadah, Dozen menyampaikan hasil keputusan rapat panitia dengan Badan Kerjasama Antar Gereja Labusel, Persatuan Gereja Indonesia Daerah Labusel, Persekutuan Gereja Gereja Pentakosta Indonesia Labusel dan Forum Masyarakat Katolik Indonesia Labusel sepakat bahwa kolekte perayaan Natal Oikumene Labusel 2018 disumbangkan untuk korban tsunami Selat Sunda.

“Sumbangan tersebut kiranya dapat meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah. Bantuan kemanusiaan tersebut disalurkan melalui Kodim 0209 Labuhanbatu untuk selanjutkan disampaikan kepada korban,” sebut Dozen. (nik/des/ma)

Bagikan: