Warga Labusel Lipat Kertas Suara

Bagikan:
Ratusan warga Labusel saat melipat kertas suara Pemilu DPR-RI. (f/Niko)

MetroAsahan.Com-LABUSEL– Ratusan warga Labuhan Batu Selatan (Labusel) melipat kertas suara Pemilu DPR-RI, Provinsi dan Kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK) Jalan Bukit Kota Pinang sejak Rabu (27/2).

“Jumlah yang melipat kertas suara lebih kurang 312 orang, kebanyakan warga di sekitaran Kota Pinang, masing-masing pelipat kertas suara mempunyai target sebanyak 1000 kertas suara yang dilipat,” ujar Ketua KPU Labusel Efendi Pasaribu.

Cara melipat kertas suara Pemilu DPR-RI,Provinsi, Kabupaten dilakukan dengan terlebih dahulu memeriksa kertas suara dan memastikan kertas suara dalam keadaan baik atau tidak rusak.

Kemudian dilipat dengan tiga kali lipatan seterusnya diikat dengan mengunakan karet yang berjumlah 25 kertas suara, dan setelah selesai di masukkan ke dalam kantong plastik.

“Pelipatan kertas suara ini memakan waktu sampai lima hari, dimana pihak yang mengawasi pelipatan kertas suara ini dipantau atau diawasi oleh pihak KPU, Bawaslu dan Kepolisian Sektor Kota Pinang,” ujarnya.

Efendi Pasaribu juga menyampaikan pendistribusian kertas suara ini sudah diterima sejak dua minggu yang lalu. Adapun surat yang diterima KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan yakni DPR-RI, DPR Provinsi, DPR Kabupaten untuk lima daerah pemilihan (dapil).

Lanjut Efendi, jumlah orang yang melipat 312 orang terdiri dari masyarakat Kota Pinang. “Kalau melihat pekerjaan hari ini kemungkinan besar satu hari tembus untuk melipat satu jenis kertas suara. Hari ini kita melipat kertas suara DPR-RI,” ujarnya.

Sementara itu untuk kertas suara Presiden dan DPD RI menurut Efendi, pihaknya dijadwalkan menerima kertas suara di tanggal 13 Maret 2019.

“Harga per lembar yang diterima kalau untuk hari ini kita hitung 100 Rupiah per lembar dengan asumsi bahwa setia lembar itu harus mencapai target minimal 500 sampai 600 kertas suara,” ungkap Efendi.

Sementara Erma Yani (37) warga Kota Pinang yang melipat surat menyampaikan cara melipat kertas suara pertama dibuka lembarannya, lihat dulu kertasnya ada tercoret atau rusak lalu dilipat sampai tiga kali lipat.

“Kertas yang dilipat untuk satu hari harus 1000 lembar kertas, targetnya dan waktu melipat kertas suara ini lima hari,” ujarnya mengakhiri. (Nik)

Bagikan: