Menu

KPU Labura Gelar Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD

Syawal Tanjung
Acara simulasi penghitungan alokasi kursi anggota DPRD Labura tahun 2019.

MetroAsahan.com, LABURA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan alokasi Kursi Anggota DPRD Labura tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Grans Hotel Labura, Selasa, 19/12.

Acara raker ini langsung dibuka Ketua KPUD Labura Hj Betti Megawati. Dalam arahannya Betti, mengatakan ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pengusulan untuk penentuan Daerah Pemilihan (Dapil) dan simulasi penghitungan alokasi kursi. Diharapkan masukan yang disampaikan dapat memperhatikan prinsip tersebut.

Dalam paparan Maruli Sitorus Anggota KPU Labura Divisi Teknis mengutarakan,  dalam penataan Dapi) dan alokasi kursi anggota DPRD Labuhanbatu Utara pada Pemilu 2019 dengan dasar hukum UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mekanisme penghitungan alokasi kursi diantaranya menentukan jumlah kursi DPRD kabupaten /kota berdasarkan jumlah penduduk, menetapkan angka bilangan pembagi penduduk (BPPd) dengan cara membagi jumlah penduduk dengan jumlah alokasi kursi, menentukan estimasi jumlah alokasi kursi perkecamatan dengan cara membagi jumlah penduduk dengan BPPd, menggabungkan/memecahkan kecamatan menjadi Dapil dengan memperhatikan prinsip- prinsip pemetaan Dapil sebagai di atur dalam PKPU.

Menentukan alokasi kursi perdapil dengan cara membagi jumlah penduduk di Dapil dengan BPPd, dan lainnya.

Dalam simulasi pendataan Dapil di Labura jumlah penduduk sebanyak 388.576 jiwa dengan jumlah kursi 35. Dengan memperhatikan estimasi kursi perkecamatan dan tabel penghitungan dengan memperhatikan prinsip penataan Dapil dan alokasi kursi, kesetaraan, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, Coterminus, Kohesivitas, Integralitas wilayah, kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

Setelah memperhatikan prinsip sesuai dengan UU dan PKPU maka KPUD Labura akan mengusulkan yang rencana nya Dapil dan Kursi seperti pemilu sebelumnya, dan penetapan jumlah kursi diketahui pada 5 Januari sampai 11 Januari 2018, sedangkan Dapil 22 Maret sampai 6 April 2018. (st/syaf)

Loading...