17 Kades di Labura Dilantik

Bagikan:
Usai dilantik 17 kepala desa di abadikan bersama Bupati Labura H Kharuddin syah se dan Wakil Bupati Drs Dwi Prantara di depan kantor Bupati Labura, 26/12.

MetroAsahan.com, LABURA – Sebanyak 17 Kepala Desa (Kades) terpilih langsung dilantik Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Rabu (26/12) di Aula Ahmad Dwi Syukur kantor Bupati Labura.

“Pilkades serentak yang digelar pada 21 November 2018 yang lalu dilaksanakan atas dasar UU No 6 tahun 2014 tentang Desa. Berdasarkan amanah tersebut pilkades serentak berjalan aman, tertib dan sukses hingga pelantikan berjalan sesuai tahapan,” kata Bupati.

Dia mengingatkan, kepala desa adalah unsur terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Untuk itu, Kades dituntut punya pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Karena peran Kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah ,” tegasnya.

Selain itu, Bupati juga mengajak segenap masyarakat untuk mendukung dan membantu kepala desa dalam melaksanakan tugasnya. Begitu juga sebaliknya. Seorang Kades diimbau agar merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat tanpa pandang bulu.

“Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung. Semua warga menjadi tanggung jawab saudara sebagai seorang pemimpin yang Amanah. Selamat bertugas kepada kades yang dilantik. Jalankan amanah dan buat yang terbaik untuk masyarakat,” ujar H Kharuddin Syah SE.

Di sela-sela pelantikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Drs H Syofyan Yusma MSi dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Mhd Amril Hisam SE melalui Ketua Panitia Rahman yang juga Kabag Kesra ini mengatakan, di periode ini, sudah dua kali digelar pilkades serentak tahap pertama tahun 2016 dan tahap kedua 2018.

Di tahap kedua ini pilkades serentak digelar pada 21 November 2018 yang diikuti 20 desa. Namun yang dilantik sebanyak 17 orang.

“Sedangkan tiga desa lagi, kepala desa terpilih akan dilantik tahun 2019 karena kepala desa defenitif sebelumnya masih aktif dan belum berakhir masa jabatannya dan akan berakhir pada Februari dan Maret,” ujarnya.

Adapun kepala desa terpilih yang belum dilantik dan akan dilantik di tahun 2019 adalah kepala desa Lobu Huala dan Kepala Desa Sungai Raja, serta Kades Perkebunan Berangir. (st/ma)

Bagikan: