Kades, Perangkat Desa dan ASN Diminta Netral saat Pemilu

Bagikan:
Suasana Rakor “Persiapan Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2019” di Aula Ahmad Dwi Syukur di Kantor Bupati Labura. (Syawaluddin Tanjung.Metro Asahan)

MetroAsahan.com, LABURA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) mensosialisasikan Pemilu 2019 di acara Rapat Koordinasi (Rakor) “Persiapan Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2019”, bekerjasama dengan Pemerintah Labura yang dilaksanakan  di Aula Ahmad Dwi Syukur Kantor Bupati Labura, Senin (4/1).

Dalam acara Rakor ini, Maruli Sitorus selaku Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labura berharap kepada kepala desa, perangkat desa dan ASN di Labura, agar independen dan jangan ada berkampanye yang menguntungkan salah satu peserta pemilu.

Maruli juga menjelaskan bagaimana sangsi terhadap kepala desa, perangkat desa, dan ASN yang terlibat kampaye yakni, terancam pidana kurungan 1 tahun. “Jika ada kepala desa, perangkat desa dan ASN yang tidak netral, agar disampaikan kepada kami (Bawaslu), dan demikian dengan Panwaslu yang ada di kecamatan dan desa agar proaktif melaksanakan tugas dan fungsinya. Jika ada yang tidak melaksanakan pengawasannya sampaikan kepada kami,” tegas Maruli.

Sebelumnya, Rakor yang dibuka langsung Bupati Labura H Kharuddin Syah SE mengatakan, pesta demokrasi tentu akan mempunyai dampak sosial politik maupun dampak keamanan. Kenaikan suhu politik di masyarakat harus dapat diredam, gesekan di masyarakat harus dinetralisisir, dan ujaran kebencian di media sosial harus ditanggalkan.

“Kita harus bersinergi, berkolaborasi, dan bekerjasama untuk kesuksesan pemilu serentak ini, agar berjalan tertib dan lancar dalam kondisi aman dan nyaman,” ucapnya. H Kharuddin Syah yang juga Ketua PD II FKPPI Sumut ini meminta kepada peserta Rakor terdiri dari kepala OPD, camat, kepala desa/lurah, pimpinan Parpol, pimpinan Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama, toko adat, dan toko pemuda, untuk mensosialisasikan, meneruskan dan menyampaikan kepada bawahan di lingkungan kerja kepada anggota, jamaah, dan masyarakat luas.

“Berikan informasi kepada mereka, seperti apa yang saudara-saudara dapat dari Rakor ini, karena menyebarkan informasi pemilu serentak kepada masyarakat. Kita berharap partisipasi pemilih pada tahun ini meningkat,” pungkas yang akrab disapa Haji Buyung.

Setelah dibuka secara resmi oleh bupati, acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang pemilu serentak oleh  Ketua KPUD Labura Heriamsyah Simanjuntak SHi, dan  Syafru EL Fauzi LC. MA,  Adi Susanto ST, James Ambarita, Habibullah SP selaku Komisioner KPUD, dan juga Bawaslu Labura  Maruli Sitorus.

Acara dihadiri, Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Inf. Santoso, petugas kepolisian, Sekda Labura Habibuddin Siregar AP, anggota DPRD Labura, pimpinan partai peserta pemilu, para OPD, camat, kepala desa/lLurah se-Labura, OKP, Ormas, tokok agama, tokoh masyarakat dan lainnya. (st/ahu/ma) 

Bagikan: